Wuih, Pria Ini Punya Kekayaan Rp 580,147 Triliun

Chairman Evergrande Group Xu Jiayin (afr.com)

Chairman Evergrande Group Xu Jiayin (afr.com)

POJOKBANDUNG.com- HANYA dalam kurun waktu satu tahun, kekayaan Chairman Evergrande Group Xu Jiayin berlipat ganda.


Hurun Report menobatkan sebagai orang terkaya di Tiongkok, menggeser posisi Wang Jianlin, pendiri Dalian Wanda Group. Tahun lalu, Xu hanya duduk di posisi ke-10. Lompatan besar itu terjadi karena saham perusahaannya meningkat 480 persen.

BACA JUGA:

Wouw…Ada Bayi Terkaya di Dunia, Cek Disini

Ini Orang Terkaya Penguasa Bisnis di Indonesia

Saat ini harga saham Evergrande Group di pasaran mencapai USD 47 miliar (Rp 634,06 triliun). Sedangkan kekayaan Xu diperkirakan mencapai USD 43 miliar atau setara dengan Rp 580,147 triliun. Tahun lalu, kekayaannya hanya USD 11,6 miliar (Rp 156,17 triliun).

Beberapa media lokal di Tiongkok menyamakan pebisnis 59 tahun itu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mereka berdua sama-sama sukses bekecimpung di bisnis realestat dan punya utang setumpuk.

Orang Terkaya di Cina Ini Justru Tak Punya Waktu untuk Habiskan Uang

Orang Terkaya Arab Saudi Bukan Raja Salman, tapi Pangeran Nyentrik Ini

”Evergrande Group merupakan perusahaan yang memiliki utang terbanyak kedua di Tiongkok,” tulis kantor berita Reuters.

Total utang Evergrande Group mencapai lebih dari USD 100 miliar (Rp 1,34 kuadriliun) atau setara dengan 240 persen nilai perusahaan. Mereka berjanji memangkas rasio utang menjadi sekitar 70 persen pada 2020.

Melonjaknya nilai perusahaan Evergrande Group dan kekayaan Xu tak lepas dari meningkatnya nilai aset properti di Tiongkok. Harga properti di negeri panda tersebut memang luar biasa mahal.

Selain itu, perusahaan yang dipimpin Xu tersebut terkenal piawai dalam menjual properti ke kelompok menengah ke atas. Semua produk mereka berkualitas.

Xu tak hanya mahir berbisnis. Dia juga berkecimpung di dunia politik. Bapak dua anak itu menjadi anggota Chinese People’s Political Consultative Conference (CPPCC), badan penasihat politik di Tiongkok.

Pria terkaya kedua se-Asia versi Bloomberg Billionaires Index itu bahkan diberi gelar National Worker Model oleh Dewan Negara. Itu merupakan salah satu penghargaan tertinggi untuk warga sipil.

(Reuters/TheIndependent/sha/c21/any)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …