Pantai Cimaja, Kawasan Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu Surganya Para Peselancar Dunia

POJOKBANDUNG.com- PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar event surfing berskala internasional bertajuk Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT) dengan tema “Cimaja Geosurf Challenge, Our Amazing Adventure”.


Event ini digelar di Pantai Cimaja, Kawasan Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu, Kab Sukabumi, Jawa Barat 14-15 Oktober 2017.

BACA JUGA:

Jelang Keputusan Global Geopark Ciletuh, Pemprov Jabar Hidupkan 20 Seni Tradisi Nyaris Punah

Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Bakal Diperkuat Dua Bandara

Eksibisi Amazing Geopark Adventure Tourism 2017 (AGAT) diikuti 14 surfer pro internasional dari Amerika Serikat, Australia, Italia, Inggris, Jepang, Kanada, Maladewa, Maroko, Philipina , Singapura, Selandia Baru, Thailand dan Taiwan; 14 surfer nasional dari Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Sumatera Selatan, Yogyakarta dan Jawa Barat sebagai penyelenggara.

Selain itu, AGAT diikuti 35 surfer advance dari kancah regional Jawa Barat dengan mayoritasnya peselancar dari Kab Sukabumi.

Tak ketinggalan daerah yang memiliki potensi pengembangan surfing di Wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu dari 21 desa di 8 kecamatan mengirimkan pesertanya untuk mendapatkan coaching clinic serta kelas surf school sebagai bekal mereka untuk mengembangkan surfing di daerahnya.

Kepala Dinas Pariwisaya dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida SH M.Si didampingi Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dra. Ani Ismarini M.Hum menjelaskan pemerintah Provinsi Jawa Barat terus merealisasikan dukungannya terhadap komitmen pencapaian sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) bagi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu (GCP).

Sebagaimana diketahui validasi terhadap GCP telah dilaksanakan 1-4 Agustus 2017 oleh Asesor UNESCO yaitu Alexandru Andrassanu dan Soojae Lee yang didampingi oleh observer Hanang Samodra.

Adapun hasilnya telah dibahas dalam Asia Pacific Geopark Network Symposium ke 5 di China dan akan dilanjutkan pada sidang UNESCO bulan April 2018, Sedangkan untuk penetapannya menunggu pada bulan September 2018 bertepatan dengan UNESCO Global Geopark Symposium.

Ida menjelaskan salah satu upaya mempromosikan Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu kepada dunia, kali ini dengan digelarnya “Cimaja Geosurf Challenge, Our Amazing Adventure”.

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …