Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Ikuti Langkah Berikut Ini

Tidur. Ilustrasi (Pixabay.com)

Tidur. Ilustrasi (Pixabay.com)

POJOKBANDUNG.com – Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Meski sudah membolak-balikkan posisi tidur, namun mata sulit terpejam dan pikiran gelisah.


Hal ini bisa menyebabkan frustasi. Bahkan kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari.

Akan tetapi Anda yang sulit tidur malam hari, tak perlu khawatir. Sebab ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan tidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut ini tipsnya, seperti dilansir laman MSN, Kamis (12/10/2017).

1. Mematikan semua perangkat gadget Anda

Alasan ilmiah untuk membuat perubahan ini adalah bahwa cahaya biru dari perangkat gadget Anda bisa mengganggu ritme sirkadian dan melatonin.

Banyak peneliti merekomendasikan mematikan gandget satu jam sebelum tidur, tapi jika tidak bisa, coba matikan gadget Anda setidaknya 20 menit sebelum kepala Anda menyentuh bantal.

2. Mandi

Bila Anda mandi dengan menggunakan air hangat dan langsung menuju ke dalam kamar tidur yang lebih dingin, maka penurunan suhu tubuh Anda akan mengirimkan sinyal ke tubuh sudah saatnya Anda beristirahat.

3. Membaca

Membaca buku bisa membantu Anda tertidur lebih cepat.

4. Jurnal

Memiliki jurnal bisa mengalihkan pikiran Anda dari keinginan menyentuh gadget di saat Anda tidak bisa tidur.

(fny/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

mahasiswa

Indeks Pembangunan Pemuda Lebih Penting

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) Jawa Barat ikut merespons soal revitalisasi Gedung Pakuan yang menjadi rumah dinas …
ROLLER

Tekan Laka dengan Roller Barrier

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan di beberapa titik jalan Jawa Barat sudah terpasang roller barrier atau pembatas …
karang

Program Karang Taruna Harus Bermanfaat

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Karang Taruna Kabupaten Subang merumuskan program kerja lima tahun ke depan. Diharapkan melalui Rapat Kerja (raker), dapat tercipta …
bupati

Manfaatkan Medsos untuk Perkenalkan Wisata

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Bupati Subang, H Ruhimat mengajak generasi milenial untuk berperan dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Subang, khususnya dengan memanfaatkan …