Mampir ke Pesta Sastra Sunda di Seni Bandung Yuk!

Kegiatan seni di Seni Bandung #1. Foto: Instagram Seni Bandung

Kegiatan seni di Seni Bandung #1. Foto: Instagram Seni Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Agenda penting dalam Seni Bandung #1 hari ini antara lain Pesta Sastra Sunda di Padepokan Seni Mayang Sunda, Jalan Peta No.209 Bandung.


Program Pesta Sastra merupakan hajat apresiasi sastra Sunda yang diikuti oleh para pengarang lintas generasi, apresiator dari lingkung komunitas dan akademisi, serta seluruh pecinta sastra Sunda.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (11-12/10/2017), yang akan mengakomodir berbagai acara antara lain workshop sajak, prosa, kritik, dan karya terjemahan sastra Sunda.

Selain itu, ada diskusi cerpen karya Wahyu Wibisana. Juga gelaran sastra Sunda dari mulai Danding, Carita Pantun, Dongeng, Baca Sajak dan Cerpen, Musikalisasi Sajak, Fiksi Mini, Sulap dan Pagelaran Tapak Lacak Sastra Sunda.

Ada pula pameran Arsip Sastra Sunda, Bazzar Buku dan Peluncuran Web Sastra Sunda.

Rincian kegiatan Pesta Sastra Sunda pada hari Rabu (11/10/2017) antara lain: Workshop Sastra Sunda I (Pembahasan Puisi Sunda) bersama Eti RS dan Nazaruddin Azhar dengan moderator Ari Andriansyah;

Musikalisasi Puisi oleh Pamass Unpad; Workshop Sastra II (Pembahasan Prosa Sunda) bersama Tatang Sumarsono, Aam Amilia, dan Panglawungan 13 dengan moderator Agus Suherman.

Sore harinya diakhiri dengan kegiatan Pakaulan Sastra, ekspresi Sastra dari peserta Sastra Sunda.

Mulai petang kegiatan Pesta Sastra Sunda akan digelar Pagelaran Sastra berupa pembacaan sajak oleh Deska Mahardika dan Rosyid E. Abby.

Dangding oleh Paguyuban Sastrawati Sunda Patrem, teatrikal Fiksi Mini oleh Teater FBS, musikalisasi Sajak oleh Pamass Unpad, pembacaan cerpen “Hiji Tanggal nu Dipasinikeun” oleh Abah Sarjang, sulap dan dongeng oleh Taufik Faturohman, terakhir kegiatan Ngaderes Sastra.

Acara lainnya di Seni Bandung #1 adalah Pameran Ruang Alternatif di Imah Budaya Tisna Sanjaya, Jalan Baturengat RT 04 RW 01 Kelurahan Cigondewah.

Acara ini akan menyajikan karya seni rupa ensamble yang digarap oleh kelompok seniman Invalid Urban bertajuk “Happy Balangsak: atawa Ordo Puing dan Kubangan Mimpi Para Pesolek” (Object Installation, Sound, Lighting & Performance Art). Pameran karya instalasi seni, obyek, suara dan cahaya yang bersifat ‘in progress’ garapan Invalid Urban dengan melibatkan enam belas anak-anak sekitar Imah Budaya Tisna Sanjaya itu, akan dibuka dengan kegiatan makan bersama pada pukul 15.30 wib sampai selesai.

Pihak Invalid Urban juga membuka forum diskusi kecil di sebuah meja yang dialokasikan di antara karya instalasi yang terus diproses hingga pameran berakhir.

Keterlibatan anak-anak kampung Cigondewah dalam proses kreatif karya “Blangsaks” bersama tim Invalid Urban yang terjadi selama berhari-hari karena inisiatif anak-anak remaja tersebut. Para seniman Invalid Urban bersifat terbuka atas segala kemungkinan artistik yang muncul dengan siapa pun.

Karya instalasi seni dengan konsep partisipasi seni dalam garapan bertajuk “blangsaks” ini membuka peluang dan kesempatan kepada pelaku seni atau masyarakat sekitar Cigondewah untuk terlibat dalam proses penciptaan karya.

Nah, bagi penggemar musik, Program Bandung Berbunyi kembali membunyikan Rabukustik dengan menampilkan kelompok jazz Big Band Salamander.

Salamander merupakan ensembel yang didirikan tahun 2006 dan berlatih secara rutin di Bumi Sangkuriang. Salamander sudah pernah berkolaborasi dengan banyak musisi seperti Frank Reinshagen, Sam Bimbo, Tula Samdjoen, Gilang Ramadhan, Benny Likumahuwa, dan masih banyak lagi.

Ensembel yang dipimpin oleh Devy Ferdianto ini akan tampil di Rabukustik Café Halaman pada pukul 19.30 wib.

(men/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …