Setelah Naturalisasi, Ini Hal yang Akan Dilakukan Shohei Matsunaga

Pemain Persib, Shohei Matsunaga, merayakan golnya ke gawang Persela. FOTO: RIANA SETIAWAN

Pemain Persib, Shohei Matsunaga, merayakan golnya ke gawang Persela. FOTO: RIANA SETIAWAN

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Shohei Matsunaga ngebet naturalisasi alias menjadi warga negara Indonesia (WNI).


Gelandang Persib asal Jepang  itu mengaku sudah mengajukan beragam persyaratan untuk pindah kewarganegaraan.

Baca juga: Shohei Matsunaga Blak-blakan Ngebet Ingin Naturalisasi Jadi WNI

Shohei sudah mengajukan permohonan jadi WNI ke Presiden melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

“Sekitar seminggu lalu saya sudah tes kesehatan dan memberikan surat-surat ke Jakarta. Saya tidak tahu berapa lama dikabulkannya, tapi surat-surat sudah saya berikan,” ungkap Shohei, di laman resmi klub.

Shohei punya alasan kenapa ingin jadi WNI. Tak lain, karena dirinya ingin lebih total dalam kariernya sebagai pesepakbola Indonesia.

Jika proses naturalisasi selesai, Shohei mengaku ingin lebih memberikan kontribusinya dan fokus membawa sepakbola Indonesia ke level lebih tinggi.

“Pengajuan hanya saya, anak saya dan istri belum. Saya tulis alasan kemarin karena anak juga lahir di sini. Keluarga di Jepang juga tak ada masalah, saya ingin jadi warga Indonesia,” terangnya.

Niatan pindah kewarganegaraan menjadi keinginan lama Shohei. Namun, baru diwujudkannya sekarang, lantaran terbentur persyaratan sudah menetap lebih dari lima tahun sesuai UU No. 12/2006. Apalagi ia tak memiliki hubungan darah dengan Indonesia.

Shohei berada di Indonesia sejak 2011, kala itu dia membela Persib sebagai tim pertamanya di Tanah Air. Dalam debutnya menghadapi  Semen Padang di Stadion H Agus Salim, Shohei sukses mencetak gol.

(ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds