Seru! Warganet Kritisi Ridwan Kamil Tengok Bule Belanda Korban Trotoar Dago

Ridwan Kamil saat berada di SR Santo Borromeus (instagram @ridwankamil)

Ridwan Kamil saat berada di SR Santo Borromeus (instagram @ridwankamil)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Akun Instagram Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengunggah foto dirinya yang menengok seorang perampuan warga negara Belanda yang terbaring di rumah sakit. Bule bernama Maria Jozefine Mathil itu dirawat setelah jatuh di trotoar kawasan Ir H Djuanda (Dago), Bandung.


Di foto tersebut, tampak Ridwan Kamil memajang bunga berisi tulisan minta maaf atas insiden tersebut. Banyak yang memuji, tidak sedikit juga yang mengkritik hingga menyindir. Foto yang diunggah Kamis (5/10/2017) itu mencapat 154,917 likes.

Seorang warganet dengan akun vinataaerobic menuliskan, bahwa trotoar yang buruk bukan hanya banyak ditemui di Bandung, melainkan menjadi fenomena umum di Indonesia.

“Trotoar bukan hanya di Bandung di kota2 lain jg sama parah terutama tdk nyaman utk pedestrian alias pejalan kaki, banyak lubanglah, sempit sm pkl lah, motor naik trotoarlah, bahkan ada jalan yg tanpa trotoar samasekali sehingga kami berjalan di jln raya, balap sama motor mobil. Hak pejalan kaki sudah terampas di negeri ini. Mudah2 an kedepan banyak pemimpin yg bisa membenahi per’trotoar’an. Sehingga kami bisa berjalan dgn nyaman kaya di singapur, jepang, dan negeri2 lain yg trotoarnya sangat manusiawi,” tulisnya.

Baca Juga: Bule Belanda Terperosok ke Trotoar Bolong di Dago, Ridwan Kamil Buru-buru Minta Maaf

Warganet lain meminta Ridwan Kamil memperbaiki semua jalur di Dago.

“Sepanjang jalan dago dipiingir bahu jalan antara jalan aspal dan trotoar memang kurang bagus. Ga smooth. Kasian pengguna sepeda motor yg suka jalan dipinggir krn aspalny ga rata jd semacam berbatu2 mun lagi padet jalanan potensi rebah kang.. hatur nuhun.”

Lalu ada akun yang meminta Ridwan Kamil tidak melulu mengurus taman.

“Jgn ngurus taman wae atuh pa @ridwankamil jalanan bandung perlu banyak yg dibenahi, jgn hanya pusat kota yg dibenahi (korbannya jg dipusat kota jg haha) akhirnnya ada yg jd korban kan. masa harus beraksi dulu stlh ada korban…mhn di mhn sangat jd perhatian.”

Tidak sedikit warganet yang menyindir bahwa respons Ridwan Kamul itu karena korbannya warga negara asing alias bule.

“Warganya sendiri klo jatuh kaya gtu di garansi apa ga ya? sampe biaya rumah sakit dan ambulan dan biaya perjalanan. lebih baik buat warga yg membutuhkan bantuan.”

“Bagus sih,…. semoga pelayanan yg seperti ini continuous ya Pak @ridwankamil citra yg baik contoh yg baik bagi warga bandung dan Indonesia… Bravo PU wkkwkw,” tulis yang lain.

Kemudian ada warganet yang mengaku temannya pernah terperosok di trotoar Jalan Merdeka seberang kantor Pemkot Bandung.

“Temen saya pun pernah terperosok kaki nya di dpn apotik shanti deket lampu merah BIP dpn ktr bapak..,tp allhamdulilah gak sampe patah..,hanya luka baret.”

“Jgn cuma karna yg jatoh orang luar dijadiin berita gini, kalo yg nyungsep orang sendiri juga ga akan di gubris… trotoar bandung emang lebih banyak yg ancur nya drpd yg kepake jadi ga usa di gede2in,” tulis akun lainnya.

Namun banyak juga yang membela Ridwan Kamil. Misalnya akun maulviartipikal yang menyatakan, “people jaman now, banyak kritik sedikit kontribusi, heeuh weh ngingetan kawas nu geus gableg wae hirupna teh, semangat pak.”

(men/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds