Kumpul di Jabar, Investor Timur Tengah Siapkan 5 Miliar Dolar AS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menjalin kerja sama di bidang pembangunan dengan Islamic Development Bank (IDB), Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD), dan IDB Group Business Forum THIQAH.


Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah, Alwi Shihab mengatakan, para investor Islam timur tengah mendapat penjelasan langsung mengenai potensi ekonomi di Jawa Barat terkait kebutuhan infrastruktur, energi, termasuk pariwisata, melalui forum investasi Jawa Barat yang dilaksanakan di Gedung Sate, Jumat (6/10/2017).

Menurutnya, IDB menyediakan dana investasi senilai USD 5 miliar untuk Indonesia, baik untuk pemerintah maupun swasta. Menurutnya potensi itu jangan sampai disia-siakan. “Dananya jangan menganggur, untuk membiayai proyek pemerintah dan swasta,” tegas Alwi di Gedung Sate, Bandung, Jumat (6/10/2017).

Menurutnya, forum Ini menyatakan Jabar menjadi tempat investasi sekaligus destinasi yang baik, diminati para pengusaha Timur Tengah karena memiliki kesamaan kultur dan kebiasaan, dibandingkan dengan daerah lain seperti Bali.

Maka, ia menekankan pemerintah daerah perlu memberikan penjelasan proyek apa saja yang menjadi prioritas di Jawa Barat. “Perlu juga ditekankan bahwa perusahaan yang diminati harus bankable,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengakui terdapat banyak potensi proyek pembangunan infrastruktur di Jawa Barat. Infrastruktur transportasi yang dibutuhkan di antaranya LRT Bandung Raya dan Cirebon dan sejumlah ruas jalan tol, Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka termasuk sejumlah pembangunan bandara lainnya di Pangandaran sampai Sukabumi, yang telah direncanakan.

“Sehingga ke depannya tumbuh kepariwisataan yang banyak dan beragam di Jawa Barat,” katanya.

Deddy mengatakan pula, kini saatnya Jawa Barat mengembangkan konsep halal tourism atau pariwisata halal berkelas dunia, karena memiliki pasar dan potensi yang luas. Selain untuk wisatawan muslim, juga untuk wisatawan lainnya yang menginginkan wisata ramah keluarga.

(atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …