Pemprov Jabar Kejar Target Bangun 100 Ribu Unit Rutilahu

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar saat meninjau pembangunan rutilahu di Rancabuaya, Kab Garut, Kamis (5/10/2017).

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar saat meninjau pembangunan rutilahu di Rancabuaya, Kab Garut, Kamis (5/10/2017).

POJOKBANDUNG.com, GARUT- Pemprov Jabar mengejar target pembangunan 100 ribu unit rumah tidak layak huni (rutilahu) hingga tahun 2018.


Sejumlah rutilahu itu merupakan gabungan program bantuan Pemprov Jabar, pemerintah pusat, dan kabupaten-kota.

“Pemprov Jabar sudah membangun 60 ribu rutilahu, harusnya 70 sampai 80 ribu rutilahu. Ini karena tertahan Undang-Undang 23/2014 dua tahun lalu,” ungkap Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, usai meninjau pembangunan rutilahu di Rancabuaya, Kab Garut, Kamis (5/10/2017).

Tahun depan, diharapkan Pemprov Jabar bisa membangun rutilahu 20 ribu unit. Sedangkan pemerintah pusat rencananya membangun 10 ribu unit.

Ia menjelaskan, pembangunan rutilahu sebetulnya tidak sepenuhnya dibiayai pemerintah. Namun dibantu pula oleh masyarakat sekitar warga penerima manfaat secara swadaya.

“Jadi pemerintah itu sifatnya hanya stimulan. Misalnya pemerintah memberikan 15juta, mah selebihnya dibantu secara swadaya oleh masyarakat,” katanya.

Selain menyalurkan dana stimulan, pemerintah membentuk fasilitator pengelola bantuan dana baik dari pemerintah maupun dana swadaya dari masyarakat. Fasilitator ini ditunjuk dari anggota masyarakat itu sendiri.

“Fasilitator juga berfungsi sebagai pengawas dan dia yang mengatur penggunaan dana bantuan. Jadi penerima bantuan ini tidak menerima uang tunai. Kalau dikasih uang tunai mah nanti dipake buat kawin lagi,” ujar Deddy.

Sementara dalam agenda kegiatan itu, Deddy meninjau pembangunan tiga unit rutilahu di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.

(atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …