Kota Bandung Kekurangan 30 Ribu Lampu Penerangan Jalan

Ilustrasi pemasangan PJU

Ilustrasi pemasangan PJU

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung akan melakukan proses lelang pengadaan alat Penerangan Jalan Umum (PJU) kurang lebih 30 ribu unit. Penambahan dilakukan guna memenuhi kekurangan PJU.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan program ‘caang baranang’ setidaknya dibutuhkan sekitar 68-70 ribu unit.

“Saat ini ketersediaan PJU di Kota Bandung baru sekitar 39 ribuan,” ujarnya, Rabu (4/10).

Zulkarnain mengatakan, terkait pengadaan barang dilakukan proses lelang. Dinas PU melalukan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Skema ini memperbolehkan pemerintah untuk mengerjasamakan proyek sekalipun dengan pihak swasta.

“Sekarang ada penyempurnaan, pertama kalinya di Kota Bandung menggunakan sistem ini,” akunya.

Selain itu, dalam proses pengadaannya sebanyak 39 ribu JPU yang sudah ada rencananya lampunya akan diganti dari asalnya lampu berbahan sodium menjadi lampu berbahan teknologi Light-Emitting Diode atau LED. “Kami utamakan LED, karena ramah lingkungan dan hemat energi,” tuturnya.

Kebutuhan PJU disejumlah titik di Kota Bandung dirasa penting. Pasalnya, dibeberapa ruas jalan baik jalan milik pemkot, provinsi, dan nasional terdapat JPU yang belum terpasang secara maksimal.

“Jarak ideal JPU satu dengan satunya itu sekitar 50 meter. Ini nanti akan kami sempurnakan. Ketersediaan PJU juga bisa meminimalisir aksi kriminial di tempat-tempat yang gelap,” pungkas Zulkarnain.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …