Hari Pertama E-Tilang Berdasar CCTV di Bandung, Pelanggar Tancap Gas

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung memberlakukan e-tilang sejak Rabu (4/10).


Proses e-tilang menggunakan bukti rekaman berbasis rekaman kamera pemantau (closed circuit television/CCTV).  Saat ini sudah terpasang 72 CCTV di sejumlah titik lampu merah di jalan Kota Bandung.

Baca Juga: E-Tilang CCTV Berlaku di Bandung, Polisi Buru Pelanggar

Hari pertama diberlakukan, dari pantauan pihak kepolisian, masih ada warga yang membandel walau telah diperingatkan langsung di lapangan. Bahkan, ada warga yang tancap gas meski sudah diminta berhenti oleh petugas.

“Kalau ada pelanggar lalulintas yang kabur dan tidak terkejar petugas kami di lapangan, maka surat tilang akan dikirim ke rumah,” ungkap salah seorang anggota Kepolisian yang bertugas di Area Trafict Control System (ATCS), Pemkot Bandung, Briptu Ganepa Cahya Firdaus kepada wartawan, Rabu (4/10).

Ganepa mengatakan, sistem tilang E-CCTV baru diberlakukan Rabu (4/10) dengan titik pantau di ATCS. Dalam satu hari, ditempatkan satu atau dua orang petugas Kepolisian di ATCS, bergantung kondisi.

Surat tilang langsung diantarkan petugas kepolisian, dengan berbekal foto yang di krop sebagai bukti. Untuk pengurusan surat tilang, dilakukan normal seperti biasa.

“Jadi jangan dikira kalau sudah lolos di jalan, tidak akan ada proses penilangan. Kami akan kirimkan surat tilang langsung ke rumah,” tegasnya.

HIngga sore tadi, setidaknya sudah ada lebih dari 20 kendaraan yang terkena tilang, dengan kebanyakannya sepeda motor.

Dalam proses e-tilang ini, Dishub sebagai operator CCTV akan memberi screenshoot pelanggaran yang terpantau oleh CCTV kepada pihak Kepolisian.

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …