Sejarah, Suku Sunda-Jawa Rekonsiliasi Kultural

POJOKBANDUNG.com, YOGYAKARTA- Ruas jalan arteri atau ring road di Yogyakarta resmi berubah nama menjadi Jalan Pajajaran dan Jalan Siliwangi.


Perubahan kedua nama jalan itu tertuang melalui Keputusan Gubernur DIY No. 166/Kep/2017 tentang Penamaan Jalan Arteri (Ring Road) Yogyakarta dan telah ditandatangani Gubernur DI Yogyakarta 24 Agustus 2017.

Jalan Pajajaran sepanjang 10 Km mulai dari simpang empat Jombor hingga simpang tiga Maguwoharjo dan Jalan Siliwangi sepanjang 8,58 Km dari simpang empat Pelem Gurih hingga simpang empat Jombor ini, diresmikan langsung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di area Simpang Empat Jombor Sleman, Yogyakarta, Selasa (03/10/2017).

Turut hadir Netty Prasetyani Heryawan, anggota DPR RI Popong Otje Djunjunan, Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur yang diwakili Sekda Ahmad Soekardi serta perwakilan dari Mahkamah Agung.

Gubernur Aher menyambut baik penamaan dua ruas jalan yang merupakan nama raja dan kerajaan Sunda pada abad ke-14 ini yang digagas Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurutnya, hal tersebut merupakan sejarah besar dan rekonsiliasi budaya yang akan semakin mengokohkan persaudaraan dua suku besar di Indonesia yaitu suku Jawa dan Sunda.

“Ini gagasan yang sangat baik dan membangun sebuah persaudaraan yang kokoh antara dua suku besar di Indonesia.

(mun/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds