Malaysia Klaim Kesenian Kuda Lumping? Desainer dan Putri Indonesia Kesal

Finalis Miss Grand International dari Malaysia, Sanjeda John/Instagram

Finalis Miss Grand International dari Malaysia, Sanjeda John/Instagram

POJOKBANDUNG.com – Hubungan Indonesia dan Malaysia selalu panas dingin terkait berbagai hal. Salah satunya dari sisi budaya dan kekayaan warisan bangsa.


Di bidang kesenian, kini warganet kembali ramai dengan kostum kuda lumping yang diklaim negeri jiran.

Masalah ini berawal saat Finalis Miss Grand International dari Malaysia, Sanjeda John, memakai kostum kuda lumping.

Sanjeda terlihat menggunakan kostum kuda kumping warna hitam dan dikombinasikan dengan atasan warna cokelat dan terbuka di bagian perut.

Menanggapi hal itu, desainer aksesori Rinaldy A Yunardi terlihat begitu kesal dengan polemik tersebut. Dia pun sampai tak bisa berkata-kata lebih banyak soal hal itu.

Baca Juga:

VIDEO: Suporter Cantik Ini Menangis Bikin Sedih Saat Garuda Muda Kalah dari Malaysia

Timnas Indonesia Kalah dari Malaysia, Ini Ungkapan Kekecewaan Vicky Vette

Sebelumnya ada batik, rendang, cendol, dan lagu Rasa Sayange yang juga diklaim negara tetangga Malaysia.

“Apalagi sih ini? Setelah ini apalagi? Itu saja yang saya bisa katakan. Sudahlah (Malaysia),” kata Rinaldy kepada JawaPos.com, Senin (2/10/2017).

Rinaldy menyesalkan kejadian tersebut. Karena sama halnya seperti batik, kuda lumping merupakan kesenian asli Indonesia.

Karena itu Rinaldy mendorong pemerintah untuk lebih peduli dengan mematenkan semua budaya dan kesenian khas Indonesia.

“Kuda lumping tentu milik kita, sudah lama sekali kesenian itu dan harus tetap dipertahankan. Dilestarikan,” tegasnya.

Rinaldy juga menyadari untuk mempertahankan budaya asli Indonesia diperlukan peran serta generasi muda untuk lebih peduli. Caranya dengan menerapkan atau menghargai penggunaannya dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari.

“Kuda lumping itu jelas bagian dari aksesori, itu kaya sekali kental budayanya. Tentu tugas kita generasi muda mempertahankannya,” paparnya.

Kekecewaan yang sama juga diungkapkan oleh Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw mengaku miris melihat kejadian itu. Pemenang 13 besar Miss Universe itu berharap permasalahan itu segera selesai.

“Dari saya pribadi sih sedih ya. Kekayaan dari Indonesia diakui (negara lain. Enggak tahu sih gimana ke depannya. Permasalahannya betul apa enggak, tentu enggak tahu,” kata Kezia dalam peluncuran koleksi terbaru perhiasan Emporium di Grand Indonesia.

Baca Juga:

Dinikahi Menteri Malaysia, Artis Panas Indonesia Punya 10 Anak

Di Negara Ini Laudya Cynthia Bella Menikah dengan Pengusaha Malaysia

Kezia mengaku sempat membaca di sejumlah situs internet tentang kabar itu. Menurutnya, kejadian itu sangat disayangkan karena kuda lumping adalah kekayaan asli Indonesia dari Jawa.

“Itu milik kita dari Jawa. Dan kalau bisa semua kekayaan alam, dari kekayaan baju, batik, dari tarian, baju daerah harus dipatenkan,” tegas perempuan asal Manado itu.

Kezia menjelaskan, kekayaan alam dan adat istiadat serta budaya Indonesia begitu luas dari Sabang sampai Merauke. Setia kabupaten kota dan desa memiliki ciri khas yang berbeda.

“Tolong diperhatikan itu saja sih. Sayang kalau diambil negara lain, Indonesia tuh kaya. Kaya alam budaya suku bahasa. Itulah Indonesia,” tutur Kezia.

(ika/JPC)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Tempat Mengadu sebelum Ada Bupati

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melantik Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi …