Aher Dorong Pemda di Jabar Raih Predikat A Laporan AKIP

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di sela rapat evaluasi AKIP dan Reformasi Birokrasi bagi Pemprov dan seluruh Pemda se-Jabar

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di sela rapat evaluasi AKIP dan Reformasi Birokrasi bagi Pemprov dan seluruh Pemda se-Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mendorong kepada seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Jabar agar meraih predikat A dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dari Kementerian Dalam Negeri.


Hal itu Ia tekankan saat rapat evaluasi AKIP dan Reformasi Birokrasi bagi Pemprov dan seluruh Pemda se-Jabar yang juga dihadiri oleh Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kemendagri, di Kantor Bappeda Jabar, Bandung, Senin (02/10/2017).

“Kita akan dorong terus agar Pemda di Jabar raih predikat A,” kata Aher.

Untuk mencapainya, pihaknya akan melakukan perbaikan laporan kinerja, karena bisa jadi program pembangunan yang sudah bagus tapi buruk dalam hal pelaporan.

“Yang pertama kita lakukan perbaikan laporan kinerja karena bisa saja program sudah bagus tapi laporannya masih buruk,” ujarnya.

Menurutnya, apabila sebuah program pembangunan dilakukan secara mengalir dari hulu ke hilir yang ujungnya menggambarkan visi dan misi kepala daerah maka dipastikan akan meraih predikat A.

“Ada juga sebuah pekerjaan yang sudah bagus sesuai dengan indikator kinerja utama tetapi dalam pelaporannya kurang bagus ini yang menyebabkan tidak A,” tuturnya.

Pemprov Jabar sendiri akan terus memfasilitasi dan berkoordinasi dengan 27 pemerintah Kabupaten/Kota.

Yang kedua kata Aher, bersifat lebih substansif. Yaitu membangun kesesuaian antara program pembangunan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan visi misi kepala daerah.

“Berarti harus lurus kan, sesuaikan semua program yang ada dengan tujuan besar yang ada pada RPJMD itu karena boleh jadi progam pembangunan dilaksanakan di lapangan tapi ga nyangkut dengan tujuan besar yang sedang dirumuskan,” jelasnya.

Loading...

loading...

Feeds