Jangan Lewatkan, Interupsi Sastra Meriahkan Seni Bandung #1

Kegiatan seni di Seni Bandung #1. Foto: Instagram Seni Bandung

Kegiatan seni di Seni Bandung #1. Foto: Instagram Seni Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Seni Bandung #1 hari ini, Senin (2/10/2017) menyuguhkan kegiatan Interupsi Sastra. Acara ini mengajak publik Bandung untuk melihat proses kreasi seniman Arman Jamparing di Cikapundung River Spot, Bandung.


Melalui siaran pers Seni Bandung, disebutkan bahwa teks yang dipilih Arman seringkali bernada politis. Kecenderungan karyanya yang tersebar di sudut-sudut ruang Kota Bandung banyak menyentil kesadaran publik serta reposisi warga kota Bandung terhadap fenomena visual di ruang publik kota Bandung yang digarap oleh penguasa secara sistemik.

Arman memilih teks Widji Tukul yang kemudian akan menjadi imbuhan pada karya weat paste di salah satu dinding yang tersedia di Cikapundung River Spot, Jalan Cikapundung Timur (Jalan Sukarno), Bandung.

Baca Juga:

SeniBandung #1 Dimeriahkan “Ninja Cicadas” sampai “Wayang Jalanan”

Disbudpar Bandung Gelar Liga Seni Budaya

Arman juga menjelaskan bahwa teks Widji Tukul yang dipinjam untuk dielaborasi dengan teks yang jadi ciri khas Act Move dianggap kontekstual dengan persoalan manusia kota; di mana posisi buruh dalam sistem ekonomi hanya menjadi objek saja.

“Jika kau menghamba pada ketakutan….Kita memperpanjang barisan perbudakan [Wiji Thukul]
saya pilih teks itu karena dahsyat…. Bagaimanapun seni tidak lepas dari kasus – kasus. Dan seni adalah sisi lain dari DINAMIKA moral manusia untuk mendukung sesuatu yang menyegarkan,” kata Arman Jamparing.

Selain karya Arman Jamparing ada juga karya Instalasi Ruang Terbuka dari Riar Rizaldi yang sudah dapat dilihat setelah mengakses wifiSmartUrbanization, gratis, dalam radius 1 Kilometer dari titik antena yang dipancang di rooftop Cikapundung River Spot.

Riar Rizaldi menjelaskan bahwa karya ini merespons iklan-iklan properti saat ini namun sebenarnya produk teknologi informasi yang dikonsumsi oleh masyarakat saat ini rentan terhadap spying aktifitas warga oleh penguasa.

Karya video animasi 3D dengan durasi 00.02.30 (dua menit 30 detik) yang dibuat oleh Riar Rizaldi berupaya berbagi pengetahuan tentang teknologi informasi saat ini yang berdampak pada hilangnya privasi data warga.
Karya Riar Rizaldi dapat diakses selama 24 jam dari tanggal 30 September hingga pergelaran SENI BANDUNG #1 berakhir, 25 Oktober 2017.

Loading...

loading...

Feeds

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …