Inilah Waktu Terbaik untuk Kamu Minum Kopi tanpa Mengganggu Tidur

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- PECANDU kopi sangat menyadari efek kafein yang memengaruhi fungsi seluruh tubuh.

Anda akan overdrive, namun konsumsi berlebih kopi pada akhirnya akan lebih berbahaya ketimbang makanan, terutama saat secangkir kopi mengganggu siklus tidur Anda.

Para ahli umumnya menyarankan agar Anda menjauh dari kafein dari enam sampai delapan jam sebelumnya.

“Kapan pun Anda minum kopi, hormon stres kortisol dirangsang dan menghalangi melatonin yang memengaruhi tidur Anda,” kata ahli nutrisi klinik Physio Logic, Michelle Miller, MSACN, seperti dilansir laman Elitedaily.

Beri diri Anda enam sampai delapan jam tanpa kafein sebelum tidur. Jika Anda seseorang yang merasa sensitif terhadap kafein, maka tunggu selama 10-12 jam tanpa kafein sebelum tidur atau memilih kopi tanpa kafein.

Selalu minum kopi organik bila memungkinkan. Ini akan menyaring sistem tubuh Anda lebih efisien daripada merek komersial, sehingga Anda bisa menurunkannya lebih cepat.

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, para ilmuwan dari Sleep Disorders & Research Center di Henry Ford Hospital dan Wayne State College of Medicine menemukan bahwa para peserta yang mengonsumsi 400 miligram (sekitar empat cangkir) kopi dari nol sampai enam jam sebelum tidur.

Selain ketidaknyamanan insomnia, kafein juga bisa mengacaukan jalur pencernaan Anda dengan meningkatkan jumlah asam di perut dan menyebabkan sakit maag.

Hal ini bahkan bisa mengganggu peredaran darah dan sistem pernapasan Anda karena akan meningkatkan tekanan darah.

(jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds