Golok Raksasa Terbesar di Dunia Cuma Ada di Subang

Golok barlen dipajang di peringatan Hari Pariwisata di Tanjungsiang, Subang.

Golok barlen dipajang di peringatan Hari Pariwisata di Tanjungsiang, Subang.

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Golok Barlen milik kelompok penggerak pariwisata Kampung Cibeureum, Kec Tanjungsiang, Kab Subang berhasil memecahkan rekor Original Record Indonesia (ORI) sebagai golok terbesar di dunia.


Golok raksasa sepanjang 12 meter itu dipamerkan dalam acara peringatan Hari Pariwisata (Harpa) Dunia di Kecamatan Tanjungsing, Subang (27/9).

“Proses pembuatan golok Cibeureum itu adalah hasil swadaya warga yang berkeinginan menjadikan golok Cibeureum ini sebagai kekayaan budaya yang dapat diwariskan, khususnya kepada generasi muda di kampung kami dan masyarakat Subang pada umumnya. Tentu yang lebih luas lagi sebagai kekayaan budaya Indonesia,” ungkap Ketua Kompepar Tanjungsiang, Ofick Chabank.

Pembuatan golok Cibeureum raksasa terlaksana berkat kerjasama dari beberapa pihak. Di antaranya tokoh masyarakat Kampung Cibeureum yang tergabung kelompok pengerak  pariwisata di Tanjungsiang dan pemerintah setempat.

Pembuatannya gol itu khusus dari campuran baja dan besi inti. “Intinya kita ingin memperlihatkan kalau daerah kami memiliki berbagai unggulan hingga kita buat golok barlen sepanjang 12 meter,” ujarnya.

Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengapresiasi pembuatan Golok Barlen terpanjang produk Cibeureum masuk rekor ORI. “Ya, atas nama pemerintah, pribadi, saya sangat kagum. Semangat dan kerja keras semua yang terlibat dalam proses pembuatan golok raksasa ini, ya karya mereka ini sangat luar biasa,” kata Imas.

Imas berharap kegiatan ini, selain membawa nama Kab Subang ke kancah internasional juga mengangkat semua potensi khususnya Tanjungsiang.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …