Pasca-Diserang Massa, Kantor LBH Tutup Sementara. tapi Tetap Layani Masyarakat

Kantor LBH Jakarta tampak sepi usai diserang massa (Minggu(17/9) malam hingga Senin(18/9) pagi. Tampak sejumlah batu berserakan di halaman gedung ini. (Elfany Kurniawan/JawaPos.com)

Kantor LBH Jakarta tampak sepi usai diserang massa (Minggu(17/9) malam hingga Senin(18/9) pagi. Tampak sejumlah batu berserakan di halaman gedung ini. (Elfany Kurniawan/JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.com – Kerusakan terjadi di kantor LBH Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat pasca ricuh pada Senin (18/9/2017) dini hari. Sejumlah kaca dan bangunan mengalami rusak karena serangan massa yang anarkis.


Muhammad Isnur selaku Ketua Bidang Advokasi YLBHI mengatakan, kantor LBH itu sekarang ditutup sementara. “Terpaksa kami tutup sementara karena harus diperbaiki,” terangnya ditemui di Jakarta Selatan, Senin (18/9/2017).

Isnur menerangkan, LBH membantah bila mengadakan seminar dan melanggar aturan yang ada. Namun massa yang sudah terbakar emosi tetap menghujani kata-kata kasar terhadap puluhan orang yang ada di kantor LBH ini.

“Mereka menyerang kami dengan kata-kata menyeramkan seperti ‘bunuh PKI, Ganyang PKI dan Gebuk PKI’. Padahal kami tidak melakukan diskusi yang mereka pikirkan,” jelasnya.

Dia menambahkan, ratusan massa itu tidak hanya menghujani kantor LBH dengan kata-kata saja. Bahkan banyak yang melempari kantor LBH tersebut dengan batu.

“Kantor kami dihujani batu, banyak kaca yang pecah dan banyak juga beberapa bagian yang memang rusak akibat penyerangan ini,” ungkapnya.

Atas insiden itu, mereka meminta maaf pada masyarakat karena kantor Lembaga Bantuan Hukum tersebut tutup sementara.

“Besok kami mengajak teman-teman untuk membersihkan kantor dari pecahan kaca dan lainnya. Mungkin dua hari ini kantor kami akan tutup sementara,” sambungnya.

Meski begitu, Isnur mengaku tidak menolak masyarakat yang datang untuk meminta bantuan hukum pada LBH.

“Tapi kalau mereka (masyarakat) sudah datang tidak mungkin kami usir. Kami tetap berikan pelayanan sebagaimana fungsi kami. Tapi untuk pelayanan akan bisa di maksimalkan pada hari Rabu depan,” pungkasnya.

(elf/JPC)

Loading...

loading...

Feeds