Egrang Diusulkan Masuk Kurikulum Mulok Sekolah di Cimahi

Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Olahraga tradisional diharapkan bisa masuk ke dalam kurikulum muatan lokal (mulok) sekolah di Kota Cimahi.


Jenis olahraga tradisional yang diharapkan bisa dilaksanakan di sekolah di Cimahi terebut di antaranya, Egrang, Tarompah Panjang, Dagongan, Bentengan (Hadang).

Menurut Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah, olahraga rekreasi masyarakat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, sekaligus meningkatkan kebiasaan hidup sehat serta meningkatkan kecerdasan.

“Makanya pengurus harus membina dan menyosialisasikan olahraga ini. Karena di Cimahi ini saya lihat induknya sudah lengkap,” kata Enang.

Namun, jika harus masuk ke sektor pendidikan formal, diakuinya, memang diperlukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

“Kan sekarang baru 16 persen tingkat partisipasinya. Kita mencoba  agar menjadi muatan lokal di sekolah. Saya harap ada dukungan dari dinas,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata, Kota Cimahi Epi Hanafiah mengatakan, setuju olahraga tradisional menjadi muatan lokal di sekolah. Sebab, olahraga tradisional masyarakat bisa dimanfaatkan untuk metode pembelajaran kepada siswa didik di sekolah seperti SD dan SMP.

“Selain itu, jika olahraga ini sudah berkembang nanti bisa menjadi potensi wisata,” katanya.

Ia pun menjanjikan membantu Formi dalam melakukan sosialisasikan olahraga tradisional ke setiap kelurahan, termasuk kelompok olahraga. “Kita akan berikan kewajiban kepada kelurahan agar menyediakan waktu untuk berolahraga, termasuk kesenian dan olahraga tradisionalnya,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …