Keren! Alat Pendeteksi Stres Karya ITB Juara di Kancah Asia

Foto: itb.ac.id

Foto: itb.ac.id

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Lagi-lagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menorehkan prestasi di Asia.


Kali ini ITB menyabet Juara Grand Prize dalam ajang kompetisi bergengsi, The Fifth International Student Joint Capstone Design Project (i-CAPS) Competition di Chonbuk National University, Jeonju, Korea Selatan, pada 24 Agustus 2017 lalu.

BACA JUGA:

Intip Kecanggihan Robot Pandai Menari Buatan Mahasiswa ITB

Izzanardi, Baru 14 Tahun Sudah Masuk ITB

Salah seorang anggota tim, Arlene Dupe mengungkapkan, kompetisi merupakan perpaduan antara mahasiswa dari negara Indonesia, yakni ITB dengan mahasiswa dari Chonbuk National University.

Ada sekitar 20 tim yang berlaga dalam kompetisi ini. Tak hanya Indonesia, tim lainnya berasal dari Malaysia, Singapura, Cina dan Taiwan.

Dalam kompetisi bergengsi itu, ia dan dua anggota tim dari ITB, Iffah Faizah dan Ichwaldo H.S, berhasil menarik perhatian dewan juri dengan alat yang dinamai Relax Me.

Dokumentasi ITB

Arlene menuturkan sistem yang terbagi menjadi dua perangkat ini, terdiri dari satu perangkat pendeteksi stres dan satu perangkat lainnya merupakan alat treatment.

Untuk perangkat pendeteksi stres terdapat 3 sensor utama, yang bentuknya menyerupai case handphone. Dalam perangkat tersebut, terdapat sensor detak jantung, temperatur kulit, hingga pendeteksi temperatur pori-pori.

Sedangkan untuk perangkat kedua, berisi empat macam treatment yang berfungsi mengurangi tingkat stres seseorang.

“Alat semacam ini cukup kompleks komponennya. Untuk alat pendeteksi stres, memang pernah ada yang buat. Akan tetapi sepengetahuan kami, belum ada alat yang mampu mendeteksi sekaligus memberikan treatment terhadap hasil deteksi tersebut,” terangnya.

Loading...

loading...

Feeds