9 September, Bandung Jadi Tuan Rumah Pertemuan Saudagar Nusantara

ILUSTRASI: Pengusaha lokal perlu memperluasan jaringan usaha agar tak kalah saing dengan pengusaha asing.

ILUSTRASI: Pengusaha lokal perlu memperluasan jaringan usaha agar tak kalah saing dengan pengusaha asing.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Salah satu kiat pelaku bisnis dalam Negeri agar tidak tergerus persaingan dengan pengusaha asing adalah perluasan jaringan usaha.


Selain itu, sinergitas pebisnis lokal pun harus diperkuat. Hal itu tak terlepas dari pemberlakuan perdagangan bebas yang membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat.

Sebenarnya, pengusaha di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 3,10 persen, setelah sebelumnya hanya 1,67% dari total jumlah penduduk. Namun, angka itu masih kalah jauh dengan negara tetangga, seperti Malaysia sebesar 6%.

Tersendatnya pertumbuhan pengusaha lokal tak terlepas dari sulit berkembangnya sektor usaha mikro dan kecil.

Kondisi tersebut membuat pengusaha asing leluasa merambah pasar nasional. Begitupun para pemodal dari luar negeri yang sangat mudah menguasai perusahaan di dalam negeri.

Ketua Serikat Saudagar Bandung, Herdi Nur mengatakan, perluasan jaringan dan penguatan sinergi akan meningkatkan daya saing pengusaha lokal, baik dari sisi permodalan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi.

“Jika tidak begitu, para pengusaha lokal hanya bisa menjadi penonton di rumah sendiri,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (8/9).

Sadar akan hal itu, pihaknya berupaya membangun sinergitas antar pengusaha lokal serta membentuk jejaring yang lebih luas melalui Roadshow Saudagar Nusantara dengan target 60 daerah.

Setelah berlangsung di delapan daerah, kali ini Bandung menjadi tuan rumah roadshow tersebut pada 9 September mandatang di Click Square.

Adapun tujuan roadshow ini adalah membekali pebisnis tentang cara pengelolaan dan pertumbuhan bisnis yang benar melalui seminar dan workshop.

Pihaknya juga mendorong terbentuknya simpul-simpul pemberdayaan antar kota/kabupaten demi memperkuat jejaring.

“Melalui kegiatan roadshow ini, kami berupaya membekali pengusaha agar mampu memahami bahasa keuangan bisnis, serta cara merancang kerjasama investasi dalam tipe pendanaan keikutsertaan,” pungkasnya.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

BMKG Bakal Pantau Hilal 1 Syawal 1442 H

BMKG Bakal Pantau Hilal 1 Syawal 1442 H

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BMKG Stasiun Bandung turut melakukan pemantauan hilal atau rukyat hilal 1 Syawal 1442 H untuk penetapan Idul …