PDAM Tirta Raharja Siapkan Langkah Hadapi Musim Kemarau

Warga antre untuk mendapatkan air bersih di pengisian ‎air PDAM Tirta Raharja, di Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi. (Gatot Pudji)

Warga antre untuk mendapatkan air bersih di pengisian ‎air PDAM Tirta Raharja, di Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi. (Gatot Pudji)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Musim kemarau yang terjadi di beberapa daerah, termasuk di Kota Cimahi mulai membuat warga kekurangan air.


Di Kecamatan Cimahi Utara dan Cimahi Selatan, kekurangan air bersih bahkan sudah terjadi sejak tiga pekan lalu.

BACA JUGA:

Hadapi Kemarau Panjang, PDAM Bandung Akan Manfaatkan Enam Sungai

September Kab Bandung Memasuki Puncak Kemarau, Ini Saran buat Petani

Humas PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriyadi mengutarakan, kekurangan pasokan air bersih di Cimahi ini disebabkan sumber mata air PDAM Tirta Raharja di Situ Lembang dan mengalir ke Sungai Cijanggel mengalami penurunan debit hingga 60 persen.

Kemarau berdampak pada penurunan pengolahan air. Untuk normalnya mencapai 176 liter perdetik, namun kini hanya 80 liter perdetik.

“Jadi penurunan kapasitas pengolahan dan pendistribusian ini bukan disebabkan faktor teknis, tapi karena kondisi alam,” ujarnya.

Tak hanya itu, kemarau yang sudah hamper dua bulan menyebabkan kolam penampungan inti PDAM di Cisarua juga mengalami penurunan debit. Sehingga bebereapa daerah mengalami penjadwalan pendistribusian air.

“Pendistribusian ini sudah kami lakukan sejak kemarin. Saat ini masih belum perlu dibilang kalau Cimahi darurat air, karena masih kita akali dengan jadwal pendistribusian air,” tuturnya.

Loading...

loading...

Feeds

Menyongsong Peradaban Baru Era 5.0

SEIRING perjalanan hidup manusia beserta peradaban yang dilahirkannya, kemajuan industri dan teknologi kerap tercermin dari masa ke masa. Generasi demi …