Hajar Bosnia Herzegovina, Timnas Indonesia Berebut Posisi Kelima Dunia

Solidaritas dan persaudaraan dalam Homeless World Cup (HWC) 2017. FOTO: Dokumentasi Rumah Cemara

Solidaritas dan persaudaraan dalam Homeless World Cup (HWC) 2017. FOTO: Dokumentasi Rumah Cemara

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Timnas Indonesia untuk Homeless World Cup (HWC) 2017 berhasil menundukkan Bosnia Herzegovina dengan skor 4-3 di Oslo, Norwegia, Senin (4/9/2017).


Kemenangan ini akan membuat Indonesia berhadapan dengan Portugal dalam laga terakhir untuk memperebutkan posisi kelima dalam kejuaraan dunia sepak bola jalanan itu.

Pada pertandingan sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan Meksiko dengan skor 3-4. Kapten Timnas Indonesia, Pinsa Prahadian, menyatakan Meksiko tampak lebih siap secara individu maupun tim untuk menghadapi laga yang digelar pukul 14:20 waktu setempat itu.

Mengomentari hasil pertandingan timnya, Pinsa menguraikan, kalah dan menang adalah perasaan dan pengalaman nyata dalam pertandingan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bakal Berlaga di Homeless World Cup Norwegia, Latihan Dipusatkan di Bandung

Menurutnya, turnamen ini merupakan wadah untuk menyatukan dunia. Selain itu, banyak hal yang bisa dipelajari hasil pertandingan ini karena kompetisi HWC mengajarkan orang tentang solidaritas.

Timnas Indonesia untuk Homeless World Cup (HWC) 2017 di Oslo, Norwegia

“Siapa pun di turnamen ini, di awal pertandingan selalu mengucapkan semoga beruntung kepada lawannya. Ada pelajaran tertentu dari ucapan itu,” tutur pria yang kemarin berulang tahun ke-27 itu, melalui siaran persnya, Selasa (5/9/2017).

Bagi Pinsa, kompetisi semacam HWC 2017 ini juga sekaligus memberinya pelajaran tentang kebinekaan.

“Salah satunya adalah perbedaan itu nyata dan indah jika dilihat dari persamaannya, yaitu sama-sama bermain bola,” ujarnya.

Sejauh ini timnas Indonesia untuk HWC 2017 yang dimotori oleh komunitas Rumah Cemara ini telah melaju ke babak final yang mempertemukan 8 tim peringkat teratas.

Meskipun di babak 8 besar ini Indonesia berhasil menundukkan Bosnia Herzegovina, namun kekalahan dari Meksiko membuat Indonesia hanya akan memperebutkan peringkat ke-5 dengan Portugal .

Untuk diketahui, Kejuaraan Homeless World Cup (HWC) diadakan pertama pada 2003 di Graz, Austria untuk memperbaiki permasalahan sosial terkait ketunawismaan seperti konsumsi NAPZA (narkoba psikotropika dan zat adiktif lainnya), penularan HIV-AIDS, kemiskinan, dan kurangnya akses terhadap pendidikan.

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …