Waspada! Ikan Nila Mengandung Virus Mematikan

Kepala BKIPM Bandung Dedy Arief Hendriyanto, saat memperlihatkan jenis ikan nila lokal di ruang pengasingan ikan hidup, di jalan Ciawitali Kota Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Kepala BKIPM Bandung Dedy Arief Hendriyanto, saat memperlihatkan jenis ikan nila lokal di ruang pengasingan ikan hidup, di jalan Ciawitali Kota Cimahi. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Masyarakat diminta untuk waspada terhadap ikan impor jenis nila yang berasal dari berbagai Negara. Penyebab larangan tersebut diakibatkan adanya virus Tilapia Lake Virus (TiLV).


Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Dedy Arief Hendriyanto, menyebutkan, awalnya virus ditemukan di negara Israel, Cina, dan Thailand.

“Kemudian menyebar ke negara-negara lain. Kita khawatirnya ada ikan yang terjangkit virus tersebut masuk ke berbagai daerah di Indonesia termasuk Cimahi,” Kata Dedy, saat ditemui di ruang kerjanya, Jalan Ciawitali Kota Cimahi.

Baca Juga:

Subhanallah, Berkat Mudik Lebaran Indonesia Jadi Terhindar dari Virus Petya

Gawat! Virus Wanna Cry Tergolong Teroris Siber, Sudah Serang 130 Ribu Komputer di 70 Negara

Virus Wanna Cry, Begini Kata Badan Intelijen Negara

Penyebab dari virus TiLV sendiri, lanjut Dedy, karena Orthomyxo-lake virus jenis baru dari family Orthomyxoviridae. Virus ini bereplikasi di inti dari sel ikan yang hidup di perairan tawar dan payau.

Ikan yang terjangkit virus tersebut, nantinya akan mati secara mendadak. Jika satu saja ikan terjangkiti virus, akan menyebabkan kerugian yang cukup besar.

“Jadi, tujuan dari pelarangan tersebut demi meminimalisir potensi kerugian sosio ekonomi yang diderita pembudidaya serta pengonsumsi ikan nila,” ungkapnya.

Penyebaran wabah virus TiLV ini, kata dia, bisa melalui air atau kontak antar ikan dalam satu kolam atau dengan kolam lainnya.

“Virus TiLV bisa menyebabkan kematian ikan nila hingga persentase mencapai 80 persen sampai 100 persen,” ujarnya.

Dia mengimbau, para pembudidaya ikan wajib mengetahui ciri-ciri ikan yang terkena virus Tilapia Lake Virus. Apabila terdapat gejala yang tidak biasa dari ikan nila yang dibudidayakan bisa langsung dilaporkan ke pihak BKIPM untuk diperiksa.

“Ciri-ciri dari ikan nila yang terjangkit virus TiLV adalah tubuh ikan yang menghitam, erosi pada kulit, pembengkakan rongga perut, dan mata yang menonjol serta bengkak,” terangnya.

Dengan demikian, ia menegaskan, apabila ditemukan satu ikan saja yang memiliki ciri-ciri tersebut, maka akan dilakukan pemusnahan sebelum virus tersebut menyebar di Indonesia.

“Kita musnahkan agar tidak menyebar,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …