Hebat! Pramuka Tembus Lokasi Pengungsian Rohingya, Begini Ceritanya

Pramuka bersama para penduduk Rohingya (Istimewa/dok Kwarnas Pramuka)

Pramuka bersama para penduduk Rohingya (Istimewa/dok Kwarnas Pramuka)

POJOKBANDUNG.com- KONFLIK kembali bergejolak dan menimpa pengungsi kelompok minoritas Rohingya di Myanmar.


Indonesia memiliki peran besar mendorong agar kekerasan yang terjadi di Rakhine segera dihentikan. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berhasil menembus ke kantong-kantong pengungsian Rohingya untuk menyalurkan bantuan.

BACA JUGA:

Muncul Petisi Desak Jokowi Usir Dubes Myanmar, Sudah Diteken 41 Ribu Orang

Serang Pos Polisi, Baku Tembak, 71 Militan Rohingya dan Tentara Tewas

“Alhamdulillah atas dasar nilai-nilai kemanusiaan dan pengamalan Dasa Dharma Pramuka, Pramuka coba hadir langsung ke kantong pengungsian muslim Rohingya di daerah Sittwey Rakhine State Myanmar,” kata Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Eko Sulistio kepada JawaPos.com, Sabtu (2/9).

Kaum islam Rohingya di Myanmar, mengalami kekerasan di mana ratusan rumah dibakar. Eko mengungkapkan perjuangan Pramuka menembus lokasi pengungsian untuk mendistribusikan bantuan pascakonflik.

Tragedi Rohingya: “Kami Dengar Orang-Orang Berteriak Bakar, Bakar, Bakar”

 

“Memang tak mudah dalam menuju dan mendistribusikan bantuan pasca konflik yang baru saja terjadi 1 minggu yang lalu. Kami berupaya pintar-pintar melihat situasi dan kondisi serta terus mengupdate berita dilapangan, baik informasi dari mitra lokal atau relawan lokal dan juga pekerja kemanusiaan seperti dari Turki, Jerman, Prancis, Australia, Malaysia,” papar Eko.

Pramuka bersama para penduduk Rohingya (Istimewa/dok Kwarnas Pramuka)

Lalu pada Jumat 1 September pukul 06.00 waktu Myanmar, Pramuka mencoba masuk ke beberapa kantong pengungsian. Di antaranya, Shan Tho Lee Camp, Lamache Village, Phia Lhe Song Village.

“Alhamdulillah di tiga lokasi ini pendistribusian bantuan berlangsung aman dan lancar. Pendistribusian bantuan difokuskan untuk kebutuhan anak-anak,” tegasnya.

Loading...

loading...

Feeds

Jabar Surplus Stok Pangan Jelang Libur Nataru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan ketersediaan stok 11 komoditas pangan strategis di 27 kabupaten/kota menjelang Libur …
ribuan buruh dmeo depan gesat

UMK 2023 di Jabar Resmi Ditetapkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat tahun 2023 pada …

Tangis Haru Antar Jenazah Aipda Sofyan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar pada Rabu pagi (7/12), menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban, …