Daging Kambing Beresiko Darah Tinggi, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan Medisnya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Daging kambing atau domba merupakan daging jenis merah terbaik dibandingkan dengan daging ternak lain. Oleh karena itu, masyarakat jangan khawatir untuk mengkonsumsinya.


Terlebih di momen Iduladha ini, biasanya kambing sering menjadi hewan yang dikurbankan.

Dirut RSUD Cibabat Trias Nugrahadi menjelaskan, daging domba dan daging kambing merupakan daging yang memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

Meski begitu, kalaupun keduanya harus dibandingkan, daging domba memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada daging kambing per 100 gramnya.

Dalam setiap 100 gram daging domba terdapat 206 kalori, 17,1 gram protein, dan 14,8 gram lemak. Adapula 10 mg kalsium, 191 mg fosfor, 2,6 mg zat besi, 0,15 mg vitamin B1, serta 66,3 gram air.

Baca Juga:

1.058 Polisi Amankan Salat Idul Adha dan 16 Masjid di Bandung

Libur Idul Adha, Pemudik Diprediksi Padati Terminal Cicaheum

Idul Adha, Kendaraan Berat Dilarang Melintas di Jabar

Daging domba lebih kaya protein, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 daripada daging kambing.

Walau lebih tinggi kalori dan lemak, daging domba (tanpa lemak) bisa jadi sumber protein bagi mereka yang menjalankan diet rendah lemak.

“Jika semua bagian lemak yang tampak pada daging domba dibuang, rata-rata lemak yang tersisa adalah 3,7% dalam keadaan mentah dan 6% jika sudah dimasak,” ucap Trias Nugrahadi, Jumat (1/9/2017).

Ia mengakui jika anggapan daging kambing yang mengandung kolesterol tinggi sudah terlanjur ada di benak masyarakat. Daging kambing pun identik dengan resiko penyakit darah tinggi (hipertensi).

Padahal, menurut referensi kandungan nutrisi Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA, daging kambing memiliki kandungan kalori, lemak total, lemak jenuh, protein, dan kolesterol lebih rendah dibandingkan ayam, sapi, dan domba.

Per 85 gram daging yang dimasak, hanya memiliki kalori sebesar 122, sedangkan ayam 162 kalori, sapi 179 kalori, babi 180 kalori, dan domba 175 kalori. Dari segi lemak pun daging jenis ini memiliki kandungan paling sedikit.

Per 85 gram sajian, daging kambing memiliki lemak 2,6 gram, ayam sebesar 6,3 gram, sapi sebesar 7,9 gram, babi sebesar 8,2 gram, dan domba 8,1 gram.

Kandungan kolesterol daging kambing juga paling rendah, yaitu 63,8 miligram per 85 gram penyajian. Ini lebih rendah dari ayam yang memiliki kandungan kolesterol sebanyak 76 miligram, sapi dan babi sebesar 73,1 miligram, serta domba sebanyak 78,2 miligram.

Meski secara hitungan kalori dan kandungan lemak daging kambing tergolong rendah, namun bukan berarti masyarakat tidak memiliki aturan dalam mengonsumsinya.

“Semuanya harus berimbang. Hal yang berlebihan meskipun sumbernya sehat, tetap tidak baik untuk tubuh. Konsumsinya harus diimbangi dengan bahan makann kaya akan serat, seperti sayuran dan buah-buahan,” pungkasnya.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …