ATM yang Offline Gara-gara Gangguan Satelit Berangsur Pulih, tapi…

Ilustrasi (dok Jawapos)

Ilustrasi (dok Jawapos)

POJOKBANDUNG.com- Perbankan mulai memulihkan (recovery) pada anjungan tunai mandiri (ATM) yang offline. ATM yang offline gara-gara gangguan satelit Telkom 1 kini mulai pindah jaringan ke satelit lain.


PT BRI Tbk, misalnya. Dari 321 unit ATM yang terganggu Selasa (29/8) sudah dipulihkan 210 ATM. Dengan begitu, ATM yang bermasalah tinggal 111. Unit kerja BRI yang terdampak juga berkurang. Dari semula 124 menjadi 10 unit. “Proses recovery saat ini mencapai 91,2 persen,” kata Corporate Secretary BRI Hari Siaga. (Baca: Ribuan ATM Mati karena Gangguan Satelit, Begini Penjelasan PT Telkom)

Ia mengklaim, jumlah ATM BRI yang terdampak relatif kecil jika dibanding total ATM yang mencapai 24.802. Unit kerja yang terdampak juga sedikit karena dari 10.656 yang terdampak sekarang tinggal 10 unit saja.

Menurut Hari, masalah yang dirasakan BRI tidak banyak karena BRI punya satelit sendiri yakni BRIsat. BRI saat ini memang satu-satunya bank di dunia yang mempunyai satelit sendiri.

ATM yang terhubung dengan jaringan satelit Telkom 1 pun dimigrasikan ke jaringan satelit BRIsat sebagai jaringan utama. Jaringan back up juga disiapkan perseroan sebagai jaringan cadangan untuk mengantisipasi masalah serupa di kemudian hari.

“BRI menargetkan semua layanan ATM dan unit kerja yang bermasalah karena anomali satelit Telkom 1 dapat teratasi dalam dua hingga tiga hari ke depan,” katanya.

Corporate Secretary PT BCA Tbk Jan Hendra menyebutkan, semua kantor kas BCA telah beroperasi normal. Untuk ATM, hingga kemarin ada 170 mesin yang sudah pulih. “Kami kemarin fokus pada (masalah) kantor kas dulu,” tuturnya.

Dari 17.210 ATM BCA, sekitar 5.700 ATM sempat offline. BCA melakukan migrasi jaringan dari Telkom 1 ke jaringan satelit Telkom 3s dan Apstar 5. Kini jumlah ATM yang offline berkurang menjadi 5.530. BCA menargetkan pemulihan total dapat dilakukan hingga tiga minggu ke depan.

Sementara itu, PT BNI Tbk mencatat sudah ada 400 ATM yang terpulihkan. Sebelumnya, dari dari 16.000 ATM BNI, 1.500 di antaranya offline. Hingga kemarin ATM BNI yang offline berkurang menjadi 1.100. Sedangkan pada Bank Mandiri, sebelumnya ada 2.000 ATM yang mengalami gangguan dari total 17.695 unit.

Loading...

loading...

Feeds