Deddy Mizwar Minta Informasi Pariwisata Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Didigitalisasi

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Festival Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu 2017

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Festival Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu 2017

Konektifitas juga perlu terus dibenahi melalui infrastruktur jalan. Deddy Mizwar mengaku Presiden Jokowi pernah berjanji akan mempercepat penyelesaian pembangunan jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada 2019, selain Tol Jakarta-Bogor-Palabuhanratu (Jagoratu).


Apabila Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi selesai akan memperpendek waktu tempuh menuju ke Sukabumi.

“Untuk jalanan di dalam ini (akses jalan menuju lokasi wisata) juga kita kasih bantuan besar. Rp 211 Miliar, di luar CSR yang ada, itu hanya untuk jalan. Jalanannya makin baik dan ada jalan baru. Dari Loji ke Puncak Darma. Jadi dari sini (Palabuhanratu) ke Puncak Darma cuman satu jam,” tukas Deddy Mizwar.

Selain jalan tol, Pemprov Jawa Barat juga mendorong agar di Ciletuh atau Palabuhanratu bisa dibangun bandara. Namun, Kementerian Perhubungan menurut Deddy Mizwar minta alternatif lokasi lain untuk pembangunan bandara selain di Citarate.

Baca Juga:

Nasib Geopark Ciletuh Diputuskan Agustus, Pemprov Jabar Deg-degan

Geopark Ciletuh Korbankan Anggaran Pengairan

“Sebab ini (bandara) bisa melayani masalah pemerintahan dan juga kepariwisataan. Mudah-mudahan kalau itu ditetapkan kalau itu ada lokasi yang kita ajukan, tahun depan bisa kita mulai bangun. Alternatifnya di Citarate atau Cikembar,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Deddy Mizwar juga minta pengelolaan tempat wisata terus dibenahi. Dia mencontohkan pemberlakuan tarif berbagai fasilitas di Pantai Palampang harus wajar dan tidak boleh sesukanya, seperti untuk homestay, produk makanan, tempat parkir, dan lainnya.

“Saya dengar karena banyak pengunjungnya tempat sampahnya tidak memadai. Atau mungkin tempat sampahnya harus ada pengelolaan sampah yang harus dilakukan oleh masyarakat sendiri. Juga harga (tarif) jangan naik-naikan sesukanya. Seolah-olah memeras para pengunjung. Nanti lama-lama cuman Palangpang yang sepi,” pungkasnya.

CGF 2017 ini menghadirkan Parade Helaran yang menampilkan berbagai kreasi seni dan budaya dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, digelar juga pameran produk-produk makanan juga kerajinan tangan khas Ciletuh dan Palabuhanratu.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds

Utamakan Keselamatan Masyarakat

Utamakan Keselamatan Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Bersama dengan pasangan calon Pilkada Kabupaten Bandung, Polresta Bandung melaksanakan deklarasi Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol …
Penghitungan Dana BOS Berubah

Penghitungan Dana BOS Berubah

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membeberkan, akan ada perubahan penghitungan alokasi Dana Bantuan Operasional Sekolah …

Akhirnya, KPU Larang Konser pada Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya melarang konser musik dan kegiatan lain yang melibatkan massa berkumpul atau berkerumun pada Pemilihan …

KPU Tetapkan Tiga Paslon di Pilkada Bandung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung resmi menetapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung diikuti oleh tiga pasangan calon.