Data Terbaru, Pengguna Smartphone di Kota Bandung Capai 5 Juta

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengajuan izin secara online diklaim bisa kurangi pungutan liar (Pungli) 85 persen hingga 90 persen.

“Sisanya sekitar 10 persen bergantung kepada manusianya. Karena sistem itu hanya alat, bergantung manusianya yang menggunakan,” ujar Sekretaris (Sekda) Kota Bandung Yossi Irianto, kepada wartawan Minggu (27/8).

BACA JUGA:

Buka Karnaval Kemerdekaan, Jokowi Bagikan Kaus Merah dari Atas ‘Kereta Pancasila’

Kapolda Jabar Anton Charliyan Dicopot karena Kisruh Seleksi Akpol?

Yossi mengakui, masyarakat kerap mengeluhkan soal pelayanan terhadap SKPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Beberapa SKPD yang berpotensi mendapatkan keluhan dari masyarakat diantaranya DBMPTSP, dan kecamatan. “Karena, kecamatan merupakan garda terdepan mewakili negara dalam melayani masyarakat,” terangnya.

Tangan Dingin di Balik Kelahiran Pesawat N-219 Karya Anak Bangsa

Tingginya, angka partisipasi masyarakat dalam pelayanan online, baik dalam hal pengaduan pelayanan maupun proses pelayanan, juga terlihat dari tingginya angka pengguna handphone di Kota Bandung.

Menurut catatan Yossi, jumlah warga Kota Bandung sekitar 2,4 juta- 2,5 juta jiwa. Namun, pengguna hanphone di Kota Bandung menyentuh angka 5 juta. “Jadi seorang menggunakan lebih dari satu unit HP,” terangnya.

Menurut Yossi, ini menunjukkan bahwa Bandung merupakan smart city. Namun, lanjut Yossi, masih ada tugas pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan atau pengaduan terhadap pelayanan.

Tidak hanya melalui online, tapi juga dengan cara manual secara langsung. “Kita mengakui, tidak semua masyarakat bisa menggunakan smartphone dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Karena tetap harus diedukasi dan diberikan sosialisasi,” tambahnya.

loading...

Feeds

rs

Dewan Sorot Kekosongan Pimpinan Enam RS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bakal mengagendakan pertemuan dengan Pemeritah Provinsi Jawa Barat, terutama …
regulasi

Regulasi Rumit Ganggu Harga Pangan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Galuh Octania mengingatkan pemerintah terkait harga pangan. Menurutnya, bahwa regulasi …

Kemendikbud Siapkan Rotasi Guru

Pendekatan zonasi tidak hanya diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pendekatan serupa …