BPJS Kesehatan Cimahi Terjunkan Kader JKN-KIS, Ini Tugasnya

Pelayanan di  Kantor BPJS Kota Cimahi. (Gatot Pudji)

Pelayanan di Kantor BPJS Kota Cimahi. (Gatot Pudji)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- BPJS Kesehatan Cabang Cimahi memiliki 20 kader JKN-KIS yang bertugas di wilayah Kota Cimahi dan Kab Bandung Barat.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi dr. Yudha Indrajaya mengutarakan, kader JKN-KIS bertugas membantu masyarakat dalam memperoleh informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta memastikan peserta JKN-KIS untuk senantiasa membayar iuran tepat waktu.

“Nantinya para Kader JKN-KIS akan melakukan costumer visit, terutama untuk mengingatkan peserta JKN-KIS terhadap kewajiban dalam membayar iuran setiap bulannya,” kata Yudha, Minggu (27/8).

Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan Program JKN-KIS berkelanjutan. Karena program JKN-KIS tentu saja memerlukan peran serta masyarakat serta kesadaran masyarakat untuk bergotong royong dalam memberikan jaminan kesehatan bagi peserta yang memerlukan pelayanan kesehatan.

Yudha mengatakan, bagi BPJS Kesehatan pembentukan Kader JKN-KIS sebagai upaya memperluas dan meningkatkan jumlah kepesertaan serta meningkatkan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan.

Kader JKN-KIS nantinya berfungsi memberikan sosialisasi dan informasi program JKN-KIS, rekruitmen peserta, dan pengingat iuran di masing-masing wilayah tugasnya.

“Para kader ini telah dibekali informasi peserta yang memiliki piutang iuran JKN-KIS, peserta yang dikunjungi bisa langsung membayar iuran kepada kader. Sehingga bagi peserta yang tidak punya banyak waktu untuk mengantre di BPJS, bisa melakukan pembayaran kepada kader kami,” terangnya.

Ia menjelaskan, kader JKN-KIS ini yang merupakan rekomendasi dari 20 desa/kelurahan di wilayah kota Cimahi dan Kab Bandung Barat. “Saya harap, mereka mampu bertugas secara maksimal dan mengajak seluruh masyarakat membangun kesadaran untuk memiliki jaminan kesehatan. Dengan berjalannya program kader JKN-KIS ini akan menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan cakupan semesta peserta JKN-KIS,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds