5 Fakta “Angker” Jelang Duel Paling Ditunggu, Malaysia Vs Indonesia

Rekor Pertemuan Ketat


Secara keseluruhan di berbagai ajang, Indonesia sudah 67 kali bersua Malaysia. Indonesia mengamankan 31 kemenangan, 15 imbang, dan 21 kekalahan sejak pertama kali bertemu pada ajang Piala Merdeka 1957 lalu.

Namun pada ajang SEA Games, Indonesia sudah 15 kali bersua Malaysia pada ajang SEA Games sejak 1977. Hasilnya berimbang, Indonesia cuma menang tujuh kali, sekali imbang, dan tujuh kali kalah.

Saking sengitnya, Indonesia dan Malaysia saling mengalahkan pada adu penalti dalam dua pertemuan terakhir. Indonesia sempat kalah pada partai final SEA Games 2011 melalui adu jotos.

Akan tetapi pada 2013 alias dua tahun setelahnya, Indonesia gantian menang melalui adu penalti dengan skor sama, yakni 4-3.

Masalah Bendera Terbalik

Jelas, yang masih hangat dalam ingatan adalah pada pembukaan SEA Games2017 lalu. Kala itu, dalam buku panduan, bendera Indonesia dicetak terbalik, yakni putih-merah laiknya bendera Polandia.

Masyarakat Indonesia jelas geram dengan itu. Meski Malaysia sudah meminta maaf, masih ada kekesalan dalam hati seluruh rakyat yang menuding insiden itu disengaja.

Kini saatnya, timnas U-22 menjadi obat mujarab untuk obati sakit hati itu. Hal tersebut andai mereka bisa buktikan diri dalam laga semifinal di depan publik Malaysia.

Dendam Kekalahan di Pra-Piala Asia U-23

Indonesia sejatinya sudah pernah bertemu pada level U-22 2017 ini. Namun, Indonesia kala itu harus menahan malu setelah diberondong tiga gol tanpa balas di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Ironisnya, hal itu jugalah yang menjadi penyebab Garuda Muda gagal terbang ke Piala Asia U-23. Sekarang adalah saat yang tepat membuktikan kualitas Hansamu Yama cs dengan tajuk semifinal SEA Games 2017.

Loading...

loading...

Feeds