70 Balon Kepala Daerah di Jabar Lolos Seleksi Gerindra

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–DPD Partai Gerindra Jawa Barat melakukan penjaringan terhadap puluhan orang peserta Pilkada Serentak 2018. Alhasil, Gerindra meloloskan 70 orang peserta yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah di 16 kabupaten/kota.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilukada DPD Partai Gerindra Jabar Ali Rasyid.

“Dari 79 peserta yang berhak ikut kelanjutan itu ada 70. Yang sembilan gugur, sedangkan lima menyatakan mengundurkan diri‎, tiga didiskualifikasi sedangkan satu lainnya gugur karena administrasi,” ujar Ali Rasyid di Kantor DPD Gerindra Jabar, kemarin (25/8).

Menurut Ali, ‎dari 70 nama yang lolos ke tahap selanjutnya, dua peserta di antaranya merupakan kepala daerah petahana. Mereka adalah Bupati Garut Rudy Gunawan dan Bupati Sumedang Eka Setiawan. Sementara lainnya, berasal dari kalangan birokrat, anggota TNI aktif, dan dua mantan kepala daerah yakni mantan bupati Garut dan mantan bupati Sumedang.

Ali menerangkan, para peserta ini selanjutnya akan diuji mengenai kompetensinya oleh sejumlah akademisi, mulai dari Prof Nanat Fatah, Prof Asep Warlan, Prof Karim Suryadi, dan Dr Ilmi Hatta. Pengujian akan dilakukan oleh tim internal partai.

“Tahapan lanjutan dari uji kelayakan dan kepatutan adalah verifikasi faktual oleh tim kami, untuk memastikan keakuratan dan komitmen yang telah disepakati bersama. Kami pun melibatkan tim survei independen untuk menguji peserta,” papar Ali.

Dari hasil rangkaian yang sudah dilakukan, lanjut Ali, nama-nama inilah yang akan disiapkan Gerindra untuk Pilkada serentak 2018 guna menjadi calon wali kota atau bupati di Jabar. Jika nama sudah ditelurkan barulah partai menentukan sikap politik koalisi.

“Kami akan mengurutkan tiga nama calon kepala daerah tersebut, kemudian diajukan ke tingkat DPP untuk disetujui. Nanti DPP yang akan putuskan per daerahnya. September ini bisa ditentukan siapa yang maju, setelah dilakukan survei,” pungkasnya.(*/nto)

loading...

Feeds

uji coba

Uji Coba Trayek Tetap Akan Dilakukan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Rencana uji coba trayek Angkutan Kota (Kota) Umum baru, belum mendapat persetujuan dari pihak ojek pangkalan. Sebab, …