KPU Sosialisasi Pilgub Jabar 2018 Lewat Game

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mencoba mengikuti perkembangan teknologi informasi dalam mensosialisasikan Pilgub 2018, dengan menggagas pembuatan aplikasi permainan (game) ‘App Challenge’.


KPU Jabar menggandeng lembaga akademik Telkom University (Tel-U) dan Politeknik Bandung untuk menciptakan game yang dapat diunduh lewat internet (App Store) tersebut. Game ini bisa diunduh di smartphone oleh semua anggota masyarakat, termasuk kalangan disabilitas.

BACA JUGA:

KPU Jabar ‘Turun Gunung’ Sosialisasikan Lima Peraturan

BPK Awasi Dana Kampanye KPU Jabar Rp1,164 Triliun

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, pada game itu disertakan berbagai informasi seputar Pilgub Jabar 2018. Sehingga, masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi Pilgub Jabar 2018, khususnya bagi masyarakat yang akrab dengan dunia daring.

“Banyak informasi yang dapat diperoleh dari game ini, seperti jadwal pilkada, calon, hingga tata cara memilih. Game ini cocok bagi kaum milenial karena mereka cenderung minim berkomunikasi langsung dan lebih akrab dengan gadget,” papar Yayat di Kantor KPU Jabar, di Bandung, Kamis (24/8/2017).

KPU Jabar Waswas DPT Pilgub 2018 Terganjal E-KTP

Selain menyasar kelompok pemilih pemula itu, lanjut dia, aplikasi game yang ditarget bisa diunduh mulai November mendatang itu juga dirancang nyaman dimainkan bagi masyarakat berkebutuhan khusus. KPU Jabar juga menggandeng Asosiasi Dosen Ilmu Politik se-Indonesia untuk menentukan pola dan konsep sosialisasi yang tepat dan terarah.

“Kami tak ingin membeda-bedakan pelayanan dalam menyosialisasikan Pilgub Jabar 2018. Ini juga kan amanat konstitusi, undang-undang dasar, di mana setiap warga negara bersamaan kedudukannya,” tandas Yayat.

(atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds