Terus Bermunculan, Digitalpreneur Mekar di Kota Satelit

Ismail, founder Kulze.in, membeberkan kiat sukses usaha katering daring kustomisasinya. Foto: Ist

Ismail, founder Kulze.in, membeberkan kiat sukses usaha katering daring kustomisasinya. Foto: Ist

POJOKBANDUNG.com – Sejumlah terus bermunculan di kota-kota penyangga di Indonesia. Contohnya, Kampung UKM Digital Belimbing dari Depok, yang berhasil menuai rerata omset Rp10 juta per bulan setelah aktif menggunakan platform e-dagang PT Telkom, Blanja.com.


Triono, tim Kampung UKM Digital Belimbing mengatakan, pihaknya bahkan berhasil menjual salah satu produk olahan belimbing ke Inggris.

“Kalau di Indonesia, hampir semua provinsi sudah pernah kami kirim paket. Per bulan sekitar 50 sampai 100 transaksi, paling laris jualan kuliner dan aksesoris, khususnya kripik singkong,” katanya saat ditemui di sela-sela DILo Festival 2017 di Graha Telkom Bogor, Jalan Padjadjaran, Jumat (18/8/2017) pagi.

Tanpa punya toko, juga tak produksi barang sendiri, toko daringnya bisa diburu banyak pembeli. Itu karena, sambung dia, Blanja.com banyak memberikan akses.

Baca Juga:

Pendaftaran Online CPNS Dibuka 1 Agustus, Perhatikan Syaratnya

Dishub Jabar Larang Pengusaha Taksi Online Rekrut Driver Baru

Triono menjelaskan, promo dari platform belanja daring itu sering digelar dengan potongan harga menarik. Ini bisa bertambah apabila pembelian menggunakan layanan uang digital Telkomsel, Tcash.

“Karena itulah, kami pun mengajarkan ini kepada UKM lain. Kami punya puluhan mitra UKM di Depok agar mereka juga jualan daring tanpa perlu banyak modal namun jangkauan bisnis luas sekali,” sambungnya.

Para digitalpreneur ini merupakan peserta dari program Digital Lounge (DILo) hasil kerjasama Indigo.id PT Telkom dengan MIKTI, yang kini ada di belasan kota utama di Indonesia.

Ismail, founder Kulze.in, menambahkan, usaha katering daring kustomisasinya sudah berjalan setahun ini dengan pelanggan dari BUMN dan perusahaan besar di kota tersebut.

Menurut dia, usaha daring memungkinkan kreativitas dan fleksibilitas baginya tanpa perlu banyak modal dan pengalaman.

“Saya awalnya karyawan swasta, bosen tiap makan siang dari itu-itu saja. Saya bikin kulze.in dengan menawarkan katering makan siang yang bersumber dari banyak pedagang makanan skala kecil,” katanya.

Pelanggan dibuatnya diberi tawaran tiap hari berubah menu, bahkan bisa ambil paket kustom misal seminggu lima kali atau malah cukup seminggu sekali, sehingga memudahkan semua.

Loading...

loading...

Feeds

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …