Cukai Rokok Naik, 6 Juta Orang Terancam

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- PEMERINTAH kembali menargetkan kenaikan penerimaan cukai rokok tahun ini. Namun keinginan pemerintah ditentang Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI).


“Tahun 2016, produksi sudah turun 6 miliar batang, menyebabkan target cukai tidak tercapai. Di tahun 2017 volume masih terus turun, sampai tengah tahun 2017 sudah turun 5,4 persen. Kalau cukai dinaikkan lagi tahun depan makin berat untuk industri,” kata Ketua Media Center AMTI Hananto Wibisono dalam keterangan tertulis, Minggu (20/8).

Menurut Hananto, untuk membantu industri sehat lagi, diharapkan tidak ada kenaikan cukai tahun depan. Sebab, pemerintah 2 tahun ini sudah menaikkan cukai tinggi, 15 persen di tahun 2016 dan 10,5 persen di tahun 2017. (Baca: SIAP-SIAP! Cukai Naik, Harga Jual Rokok Bakal Melonjak)

AMTI berpandangan kenaikan harga dan cukai rokok merupakan kebijakan yang harus dirumuskan secara hati-hati dan komprehensif dengan mempertimbangkan dampak yang dapat ditimbulkan terhadap seluruh mata rantai industri tembakau nasional.

Sebab, di industri ini lebih dari 6 juta rakyat Indonesia yang menggantungkan penghidupannya, seperti petani, pekerja, pabrikan, pedagang dan konsumen.

“Ada 2 juta petani tembakau dan pekerjanya. Untuk cengkih ada 1,5 juta petani dan pekerjanya, 600.000 tenaga kerja pabrikan rokok, dan 2 juta pedagang,” paparnya.

Hananto menambahkan, kenaikan harga dan cukai rokok juga harus memperhatikan kondisi industri dan daya beli masyarakat saat ini, karena jika dipaksakan kenaikan yang sangat tinggi akan menimbulkan masalah-masalah baru dan menjadi kontraproduktif.

Dia menjelaskan industri hasil tembakau nasional tengah mengalami situasi yang sulit di tahun ini dimulai dengan kenaikan target penerimaan cukai sebesar 15 persen di awal tahun 2016 telah menyebabkan volume IHT menurun rerata sebesar 4,8 persen pada tahun 2016.

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …