Siap-siap! Oktober, Semua Gerbang Tol Tak Layani Transaksi Tunai

Kawasan menuju gerbang tol Pasteur

Kawasan menuju gerbang tol Pasteur

POJOKBANDUNG.com- PENGGUNA jalan tol sudah harus bersiap. Pasalnya, mulai akhir Oktober 2017 semua gerbang tol tidak akan melayani transaksi tunai.


Hal tersebut, terkait target pemerintah agar semua pengguna jalan tol menggunakan e-toll.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani mengatakan, pihaknya mendukung kebijakan tersebut. Penerapannya pun akan dilakukan secara bertahap. Mengingat masih banyak masyarakat yang belum menggunakan e-toll.

“Masyarakat mengunakan e-tol masih 30 persen. Jadi enggak berani semuanya ditutup dengan mengunakan palang otomatis pada 31 Oktober nanti,” ujar Desi.

Ungkap Desi, pengendalian penggunaan e-tol ini langsung di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Bank Indonesia (BI).

Pemerintah juga telah meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga juga terus melakukan sosialisasi. Sehingga pada 31 Oktober nanti masyarakat bisa semuanya menggunakan e-toll.

“Ini penting dalam mengedukasi masyarakat untuk semangat memakai e-toll,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono menargetkan pada Oktober 2017 pembayaran di semua gerbang masuk jalan tol tidak lagi menggunakan uang tunai. Semua transaksi di gardu jalan tol hanya menggunakan transaksi non tunai.

Basuki menjelaskan, pemberlakukan kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pengguna tol khususnya berkaitan dengan kemudahan transaksi, kecepatan waktu bertransaksi, dan antisipasi terjadinya antrean kendaraan di gerbang tol.

(cr2/JPC)

Loading...

loading...

Feeds