Tips Penting Dapat Beasiswa di Tiongkok, Enggak Terlalu Repot Kok

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Seleksi beasiswa pemerintah Tiongkok atau Chinese Government Scholarship (CGS) dikenal memiliki persyaratan administrasi yang tidak terlalu sulit.


Salah satu penerima beasiswa CGS 2016 dari Indonesia Putra Wanda membeberkan tahapan seleksi administrasi CGS. Yang harus disiapkan adalah satu fotocopy application form.

Form dapat diunduh dari http://www.csc.edu.cn Laihua/noticeen.html atau http://www.campuschina.org/noticeen.html, satu fotocopy surat rekomendasi dari pimpinan atau professor di Indonesia (Important).

Lalu, satu ijasah dan transkrip akademis yang dilegalisir dan di terjemahkan (sworn Translator), sebuah Strong Study Plan di Tiongkok (Important).

Kemudian, satu fotocopy surat kesehatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah (asli harus dibawa oleh peserta apabila lulus) dengan format sesuai foreign physical examination form, fotokopi passport yang masih aktif, dan TOEFL/IELTS.

Baca Juga:

Kabar Gembira! Simak Nih, Kemristekdikti Siapkan 1.400 Beasiswa S2 dan S3

Anda Ingin Beasiswa ke Inggris dengan Fasilitas Serba Wah? Coba Baca Ini 

“Bila lolos nanti akan ditanggung biaya study (tuition), biaya tempat tinggal (lodging), asuransi kesehatan (health insurance), dan biaya hidup (living allowance) yang besarannya terggantung jenjang study,’’ ujar Putra.

Awardee CGS 2016 lainnya Putri A Safitri menambahkan, sedangkan biaya-biaya yang tidak ditanggung oleh beasiswa adalah pembuatan visa Tiongkok untuk pelajar, biaya tiket penerbangan ke kota tujuan di Tiongkok, dan biaya medical check up.

’’Untuk tempat tinggal tidak usa khawatir, biasanya universitas telah menyipkan asrama tersendiri yang dikhususkan untuk internasional students yang terpisah dengan asrama atau dorm untuk pelajar atau mahasiswa dari Tiongkok,” kata Putri A Safitri.

Lanjut Putri, jika tidak mau tinggal di asrama, maka pihak kampus akan memberikan biaya untuk menyewa apartment.

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …