Striker Anyar Persib Ezechiel dan Pemain Asing di Liga 1 Ini Kesandung Aturan FIFA, Salah Siapa?

Ezechiel Ndouassel. FOTO: PERSIB.CO.ID

Ezechiel Ndouassel. FOTO: PERSIB.CO.ID

POJOKBANDUNG.com – Usai pekan ke-19 Liga 1 2017, publik sepakbola Indonesia sedikit terhenyak. Bukan kabar baik, tapi justru kabar buruk yang diterima.


Status sejumlah pemain asing yang menjadi pangkal persoalan. Sebut saja, Ezechiel Ndouassel dari Persib Bandung yang masih berstatus sebagai pemain Hapoel Kiryat Shmona dari Liga Israel.

Karena melanggar Transfer Match System (TMS) FIFA, Arema FC yang di pekan ke-19 Liga 1 bertanding melawan Persib Bandung, langsung melayangkan surat protes kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kemudian top skor sementara Bali United, Sylvano Dominique Comvalius di mana data Transfer Match System (TMS) FIFA, ia belum terdaftar sebagai pemain Bali United di Liga 1.

BACA JUGA:

Dari Belgia, Sergio Van Dijk Tiba di Bandung dengan Penyangga Lutut

Pasca Debut, Striker Anyar Persib Ezechiel N’Douassel Terbang ke Singapura

Di sistem TMS FIFA, Sylvano masih berstatus sebagai pemain FC Stal Dniprodzerzhynsk, klub asal Liga Ukraina.

Beruntung, (untuk sementara) Madura United, lawan Bali United di pekan 19 lalu tidak melayangkan protes yang serupa.

Selain penyerang asal Belanda itu, ada nama Franklin Clovis Anzite dari PS TNI yang masih berstatus sebagai pemain UITM FC dari Liga Malaysia.

Perlu diketahui, FIFA TMS bekerja secara komputerisasi untuk pemain untuk mendapatkan International Transfer Certificate (ITC).

Jika melihat regulasi kompetisi Liga 1 pasal 35, pemain yang belum disahkan via FIFA TMS belum bisa dimainkan di setiap pertandingan Liga 1.

Tentu ini menjadi perdebatan warganet. Apalagi, regulasi ini sudah diposting satu hari sebelumnya oleh PT LIB.

Meski demikian, PSSI dan PT LIB selaku operator Liga 1 mengeluarkan aturan bahwa pemain yang belum mendapatkan ITC dapat bermain di Liga 1.

Jika melihat surat resmi yang dikeluarkan PT LIB, yang salah adalah PT LIB sendiri. Berdasar surat resmi PT LIB Nomor 247/LIB/VII/2017, PT LIB meminta maaf atas keterlambatan pemberitahuan secara umum kepada klub terkait kebijakan status ITC oleh PSSI.

PT LIB beralasan bahwa kebijakan tersebut baru disampaikan secara parsial dan lisan kepada beberapa klub yang menggunakan pemain asing baru sejak tanggal 9 Agustus 2017.

Loading...

loading...

Feeds