Pengembang Gateway Ahmad Yani Gugat P3SRS Rp1,26 Miliar

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengembang Gateway Ahmad Yani Bandung memperkarakan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Rumah Susun (P3SRS) Apartemen Gateway ke pengadilan dan digugat ganti rugi Rp 1,26 miliar.


Hal itu lantaran pihak pengembang menilai P3SRS yang dibentuk tidak memiliki ketetapan hukum yang kuat.

Kasus itu bermula tahun lalu saat P3SRS meminta salinan informasi mengenai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) apartemen untuk mengetahui tanah bersama, benda bersama dan bagian bersama kepada Pemkot Bandung. Mereka mengklaim memiliki hak mengetahui informasi itu atas nama perhimpunan.

BACA JUGA:

Kepengurusan P3SRS Gateway Baru Siapkan Langkah Strategis

Gedung Bertingkat di Bandung Perlu Alat Anti Bunuh Diri

Kuasa Hukum Apartemen Gateway Ahmad Yani Bandung Kanta menjelaskan, gugatan yang dilayangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung disebabkan, P3SRS yang dipimpim John Simalango tak memiliki kedudukan hukum. Dengan kata lain, mereka tidak punya hak untuk memiliki salinan IMB.

“Dalam gugatan ini kami tegaskan, bukan menggugat penghuni apartemen (keseluruhan), tapi mereka yang tergabung di P3SRS. Karena mereka mengatasnamakan perhimpunan meminta dokumen IMB,” kata Kanta di Jalan Riau, Kota Bandung, Selasa (15/8).

Pernyataan itu didasarkan kepengurusan P3SRS saat ini yang dibentuk bukan berdasarkan Undang-undang No 20/2011 tentang Rumah Susun melainkan Undang-undang Organisasi Kemasyarakatan.

“Mereka (P3SRS) dibentuk dengan UU Ormas, proses pengesahannya oleh Kemenkumham. Karena mereka Ormas, dia (P3SRS) tidak berhak mewakili warga (apartemen). Tidak mempunyai legal standing, makanya kami gugat dengan dalil perbuatan melawan hukum. Apalagi mereka disahkan bukan oleh Walikota Bandung sesuai UU Rumah Susun,” jelas Kanta.

Selain digugat atas perbuatan melawan hukum, P3SRS juga dituntut membayar ganti rugi Rp 1,26 miliar. Jumlah itu didasarkan pengembang mengalami kerugian materil dan non-materil.

Loading...

loading...

Feeds

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …