Bandung Kini Punya Rumah Singgah bagi Penunggu Pasien Luar Kota

Rumah Singgah Pasien RSHS Bandung (Riana Setiawan)

Rumah Singgah Pasien RSHS Bandung (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  Kota Bandung memiliki fasilitas baru bagi pasien luar kota yang berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS).


“Sekarang ini sudah ada rumah singgah pasien, di Jalan Jurang (No. 37), jaraknya tidak jauh dari RSHS,” ujar Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial kepada wartawan, Selasa (15/8).

Oded mengatakan, rumah singgah merupakan ide Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). “Sehingga, untuk operasionalnya tidak menggunakan dana APBD, namun merupakan pengelolaan dari zakat yang diberikan masyarakat dan dititipkan kepada IZI,” ucapnya.

Oded mengatakan, rumah singgah sebagai sarana menampung pasien-pasien rujukan dari luar kota, terutama bagi pasien BPJS yang tak mampu. Rumah singgah, menurut Oded, akan sangat bermanfaat bagi warga luar kota yang berobat ke Bandung.

“Ini adalah program inisiatif yang luar biasa memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkap Oded.

Rumah Singgah Pasien (RSP) dikelola relawan-relawan IZI. Rumah berkapasitas 10 tempat tidur itu akan menjadi tempat transit sementara bagi pasien rawat jalan.

Direktur Pendayagunaan IZI, Nana Sudiana menuturkan, RSP akan berfungsi murni sebatas rumah transit. Rumah itu tidak memberikan layanan kesehatan maupun jasa rawat bagi pasien.

“Tujuannya agar tidak ada klaim kesehatan atau malpraktik. Makanya kami sediakan ambulan agar kalau ada apa-apa bisa segera kita larikan ke rumah sakit,” jelas Nana.

Selain memiliki fasilitas ambulan, RSP juga memberikan makanan bagi pasien dan keluarga pengantarnya tiga kali sehari. Tak jarang, para relawan juga menghibur pasien dengan berbagai kegiatan, seperti memasak atau berjalan-jalan.

RSP di Bandung ini adalah satu dari enam RSP yang dimiliki IZI. Kota-kota lainnya antara lain Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Makassar. Di kota-kota itu telah banyak pasien yang menerima manfaat RSP yang didanai dari zakat.

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …