Rieke Diah Pitaloka dan Puti Guntur Soekarnoputra Berpotensi Dampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Puti Pramathana Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat melalui DPD PDIP Jabar, Selasa (6/6/2017). (Atep/pojokbandung.com)

Puti Pramathana Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat melalui DPD PDIP Jabar, Selasa (6/6/2017). (Atep/pojokbandung.com)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengamat politik Unpad, Muradi menyebut, kader PDIP Rieke Diah Pitaloka dan Puti Guntur Soekarnoputra disebut layak menjadi pendamping Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2018.


Rieke Diah Pitaloka

“Karena Rieke dan Puti punya keunggulan tersendiri. Kalau dilihat peta elektabilitasnya, maka yang muncul cagubnya adalah Dedi Mulyadi dengan cawagubnya Rieke atau Puti,” ungkap Muradi, kepada wartawan, Senin (14/8/2017).

Meski Dedi Mukyadi merupakan kader Golkar, lanjut dia, tetapi jika PDIP harus mendapat posisi wakil gubernur, itu merupakan konsekuensi dari kesepakatan koalisi partai.

Baca Juga:

Cucu Bung Karno Bersedia Jadi Pendamping Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Pilgub Jabar, Agung Laksono: PDIP Ikhlas Apabila Gubernurnya dari Golkar Dedi Mulyadi

Ia menjelaskan, Rieke dinilai akan menjadi pemasok suara cukup efektif karena pada Pilgub 2013 lalu terbukti menjadi cagub yang cukup merepotkan pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

“Pada 2013 dia punya suara hampir 30 persen. Itu bisa jadi modal dia untuk 2018,” tegasnya.

Terlebih, kapasitas Rieke sebagai politisi juga sudah cukup teruji. Sedangkan Puti punya basis pendekatan ideologis karena merupakan cucu Bung Karno.

“Orang nyaman dengan karakteristik Puti yang tenang walaupun secara figur belum muncul seperti Rieke,” papar Muradi.

Di luar nama itu, Muradi menyebut sebenarnya ada tiga nama lain yang bisa dipertimbangkan, yaitu Bupati Majalengka Sutrisno, Ketua DPD PDIP Tubagus Hasanuddin, dan Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana.

(atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds