Koalisi PDIP-Golkar Versus Jaringan Gerindra-PKS di Pilgub Jabar. Bagaimana Ridwan Kamil?

Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Unpad Muradi

Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Unpad Muradi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengamat politik Unpad, Muradi menilai kerjasama politik PDIP-Golkar menjelang Pilgub dan Pilkada serentak 2018, masih membuka ruang kerja sama dengan parpol lain.


Muradi mengatakan, kerja sama tersebut bukan untuk proyeksi Pilgub Jabar, melainkan Pilkada serentak. Maka akan membuka ruang koalisi yang lebih permanen atau setidaknya semi permanen untuk membangun pendekatan politik yang lebih teratur.

“Ini menurut saya baik karena keduanya mempunyai ideologi yang sama, nasionalis, kebangsaan,” kata Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) UNPAD ini, di Bandung, Senin (14/8/2017).

Bidikan lain dari kerjasama ini juga menyangkut peta politik di Jabar. PDIP-Golkar kini menyatu setelah sebelumnya berjalan masing-masing. Penyatuan ini akan menjadi satu kekuatan baru di luar jaringan PKS-Gerindra dengan figurnya, Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu.

Baca Juga:

Pilgub Jabar: NasDem, PKB, Hanura dan PPP Jajaki Koalisi

Bima Arya Pilih Dekati Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar daripada Dedi Mulyadi, Begini Katanya

“Deddy Mizwar-Syaikhu berpeluang besar untuk bisa menandingi calon lain, katakanlah Deddy Mizwar itu petahana,” ujar Muradi.

Namun, lanjut dia, bersatunya PDIP-Golkar mempersempit ruang gerak Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur. Sebab, Ridwan Kamil yang diusung Nasdem tidak akan jadi prioritas kedua partai tersebut.

Menurutnya efek dari kerja sama politik itu menarik, konstalasi politik menjadi lebih dinamis karena bisa jadi kemudian ada pengelompokan baru.

“Katakanlah misal wacana untuk memunculkan figur baru di luar Emil (Ridwan Kamil) di luar Deddy Mizwar, di luar Demul (Dedi Mulyadi), misalnya ada Burhanudin Abdullah (mantan Gubernur BI) atau misalnya ada Uu Rhuzanul Ulum (Bupati Tasikmalaya) yang diam-diam masih punya potensi untuk bisa maju sebagai calon gubernur atau wagub,” papar Muradi.

(atp/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …