Demi Geopark Ciletuh, Pemerintah Bakal Bangun Bandara di Sukabumi

Desain bandara Kertajati.

Desain bandara Kertajati.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Niatan pemerintah menjadikan Geopark Ciletuh sebagai wisata kelas Intenrasional terus dirintis. Saat ini, mereka berencana membangun bandara untuk mempermudah akses ke sana.


Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mengatakan, melihat pentingnya akses menuju wilayah Geopark Ciletuh, maka keberadaan bandara sangat penting guna melayani wisatawan lokal dan mancanegara.

Apalagi jika sampai dinobatkan sebagai Unesco Global Geopark.

Namun, lanjut Deddy Mizwar sapaannya Wagub Jabar, bandara itu bukan hanya untuk melayani wisatawan saja, akan tetapi melayani pelayanan pemerintahan di dua wilayah yang berbatasan.

“Kita sudah bahas dengan Menteri Perhubungan Pak Budi Karya, tetapi bandara ini bukan hanya melayani turis, tetapi juga melayani urusan pemerintahan di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi,” ujar Deddy Mizwar kepada RMOLJabar (Jawa Pos Group), Sabtu (5/8/2017).

Baca Juga:

Awal Agustus Ini Penentuan Geopark Ciletuh Masuk Kriteria Taman Bumi Kelas Dunia atau… 

Wow! Kembangkan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Pemprov Jabat Teken MoU dengan 8 Perusahaan dan Asosiasi Wisata 

Dikatakannya, lokasi pembangunan bandara akan mengambil posisi tengah-tengah antara kabupaten dan kota Sukabumi yakni di Warungkiara. Menurutnya, kini sudah ada tiga lokasi yang dipersiapkan untuk memenuhi pembangunan bandara.

“Kalau sudah disepakati di tiga lokasi itu, Insya Allah tahun depan Menhub akan membangun,” ungkapnya.

Deddy Mizwar menuturkan, bandara yang akan dibangunnya tidak akan terlalu besar. Menurutnya, bandara itu bukan hanya untuk turis saja, lebih dari itu penting untuk melayani aspek pemerintahan.

“Saya kira itu bukan bandara besar, tapi yang muat buat ATR, sehingga bisa melayani kepentingan turis dan urusan pemerintahan,” jelasnya.

Selain itu, Deddy Mizwar mengaku untuk pembangunan bandara di Sukabumi sudah ada calon investor yang melirik. Ia mengartikan adanya investor bahwa Ciletuh bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang menarik.

Sehingga, diharapkan bisa mengembalikan investinya jika membangun bandara di Sukabumi.

“Investor itu dari Asita, saya dapat tawaran itu dari partnernya Ketua Asita. Mudah-mudahan Desember nanti, Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu mendapatkan pengakuan dari Unesco menjadi Unesco Global Geopark,” tandasnya.

(mam/jpg/jpc)

Loading...

loading...

Feeds