Walah! Gua Pawon Cuma Hasilkan PAD Rp5 Juta per Tahun

Goa Pawon, KBB. Foto: bandung.panduanwisata. id

Goa Pawon, KBB. Foto: bandung.panduanwisata. id

POJOKBANDUNG.com – Pemkab Bandung Barat dinilai gagal dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor objek wisata. Pemkab tak maksimal mengelola objek wisata potensial seperti Situ Ciburuy, Gua Pawon dan Curug Malela.


Untuk diketahui, PAD dari objek wisata Situ Ciburuy hanya menyumbang Rp 28 juta per tahun, sedangkan Curug Malela dan Gua Pawon masing-masing hanya Rp 5 juta per tahun.

Penghasilan itu bersumber dari 7.300 pengunjung untuk Situ Ciburuy/tahun, 6.840 pengunjung Gua Pawon/tahun, dan 1.800 pengunjung Curug Malela/tahun.

Satu-satunya objek wisata yang menyumbang PAD terbesar hingga Rp 200 juta per tahun, yaitu Maribaya Hot Spring and Resort, setelah dikerjasamakan dengan pihak ketiga, yakni PT Akurasi Kuat Mega.

Baca Juga:

Goa Pawon, Situs Purbakala yang Bikin Penasaran 

7 Tempat Wisata Hits di Bandung yang Instagram-able Part 2 

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menilai, Pemkab KBB sangat gagal mengelola objek wisata milik pemerintah daerah. Padahal, jika dikelola dengan baik, PAD akan lebih meningkat dan bisa jauh lebih besar.

“KBB itu dikenal dengan wisatanya. Tapi, faktanya Pemkab gagal mengelola wisata, itu terlihat dari minimnya PAD dan kurang diminati pengunjung. Masa PAD hanya Rp28 juta ke bawah setiap tahunnya, PAD segitu habis untuk gaji pegawai yang menjaga wisata juga,” sesal Aa dijumpai di Padalarang, Senin (31/7/2017).

Bila memang Pemkab tidak mampu mengelola ketiga wisata tersebut, seharusnya Pemkab lebih kreatif dan gencar mencari investor untuk kerja sama. Sehingga, PAD akan jauh lebih besar setiap tahunnya.

“Tidak jadi masalah dikerjasamakan dengan swasta, justru itu lebih bagus. Yang penting pemerintah dapat PAD yang rasional, bukan malah dibiarkan begitu saja,” tegasnya.

Menurut Aa, potensi PAD dari ketiga wisata yang dikelola oleh Pemkab KBB sebetulnya memiliki peluang besar untuk menghasilkan PAD.

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …