Semangat Luar Biasa Ramdan, Bocah Cilik yang Mengidap Penyakit Langka

Ramdan dan ibunya Yati Solihati di kediamanya. (Habibie)

Ramdan dan ibunya Yati Solihati di kediamanya. (Habibie)

POJOKBANDUNG.com, CIKALONG- Ramdan, bocah berusia 12 tahun warga Kampung Lapang  RT 4/5 Desa Cikalong, Kecamatan Cikalongwetan, Kab Bandung Barat ini lebih banyak berdiam diri di rumahnya.


Untuk berada di lingkungan luar, ia harus selalu menutupi wajahnya dengan topi dan kacamata. Sejak berusia 4 bulan, putra pasangan Didi Sutisna, 42, dan Yati Solihati,40, ini sudah menderita Xeroderma Pigmentosum.

Penyakit itu merenggut kemampuan tubuh Ramdan saat terpapar sinar matahari, hingga memaksanya harus menghabiskan kebanyakan waktu di kegelapan rumah.

“Pertama-tama hanya terlihat bercak-bercak merah seperti kena cacar di bagian muka dan tubuh. Setelah dua minggu tidak sembuh langsung dibawa ke Posyandu dan diberikan pengobatan untuk alergi kulit,” tutur Yati di kediamanya di Kampung Lapang RT 5 RW 4, Desa Cikalongwetan, Kecamatan Cikalongwetan.

Sejak itu Yati berpikir penyakit anaknya itu sudah membaik. Namun setelah empat bulan berlalu, bintik-bintik di tubuh Ramdan semakin menjadi-jadi. Dibuat khawatir Yati pun langsung membawanya kembali Puskesmas.

“Dari situlah terlihat bahwa ini bukan penyakit biasa, karena perlahan bintik-bintiknya semakin menyebar keseluruh tubuh dan yang paling parah di bagian muka,” ungkap Yati khas dengan aksen Sunda.

Setelah itu barulah diketahui Ramdan menderita penyakit langka XP. Tubuh Ramdan semakin sensitif terhadap sinar matahari, sedikit gatal-gatal mulai dirasakan Ramdan. Ramdan pun sempat mengungkapkan bahwa ia masih ingin belajar karena menurutnya itu merupakan salah satu kegiatan yang ia senangi, karena tidak terlalu menguras tenaga.

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …