Ini 5 Strategi Pemerintah Pusat dalam Mencegah Bullying Terhadap Anak

Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Rosalin (Atep/Pojokbandung)

Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Rosalin (Atep/Pojokbandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Rosalin menjelaskan lima strategi yang dilakukan pemerintah agar anak terhindar dari bullying dan kekerasan.


“Pertama langsung kepada anaknya, kedua melalui keluarga, ketiga melalui sekolah, keempat melalui lingkungan di mana anak anak itu hidup tumbuh. Kemudian yang kelima melalui dimensi wilayah atau regionnya,” ujar Lenny usai Penyerahan Anugerah Pimpinan Daerah Teladan di Bidang Pendidikan, di Kompleks Masjid Salman ITB, Bandung, Sabtu (29/7/2017).

BACA JUGA:

Parah! Mahasiswa Autis Universitas Gunadarma Tiap Hari Dibully

Tragis! Dibully, Pelajar Kelas IV SD Habisi Nyawa Bocah Perempuan

Ia menjelaskan, pada strategi pertama, pihaknya menggagas pembentukan forum anak mulai tingkat nasional sampai ke desa. Semua provinsi dan sebagian besar kabupaten kota sudah memiliki forum  tersebut.

“Bahkan sudah ribuan ya angkanya. Forum anak ini kita beri peran sebagai pelopor dan pelapor pencengahan kekerasan dan bullying terhadap anak,” katanya.

Strategi melalui keluarga, lanjut dia, pihaknya telah menginisiasi pembentukan pusat pembelajaran keluarga. Minimal  di setiap provinsi dan kabupaten kota memiliki satu atau dua pusat pembelajaran keluarga yang dilengkapi dengan psikolog psikiater patara ahli.

“Tapi para tenaga ahli ini tidak diam di kantor, melainkan jemput bola ketika aga pelaporan,” katanya.

Loading...

loading...

Feeds