Jangan Ada Lagi Ricko Berikutnya di Sepakbola Indonesia

Ricko harus jadi korban terakhir perselisihan antar-suporter. (Twitter @Kimkurniawan)

Ricko harus jadi korban terakhir perselisihan antar-suporter. (Twitter @Kimkurniawan)

POJOKBANDUNG.com- SEPAKBOLA menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dengan dua kelompok yang berlawanan dan masing-masing terdiri atas sebelas pemain.


Permainan ini berlangsung selama 2×45 menit. Kemenangan ditentukan oleh selisih gol saat masuk ke gawang lawan. Akan tetapi, sepak bola tak hanya sebatas arti di atas saja.

BACA JUGA:

Ini 5 Poin Pernyataan Sikap Viking Terkait Meninggalnya Ricko

Kisah Haru Ricko, Sempat Meninggalkan Ujian Sekolah dan Jual Baju Celana Demi Persib

Salah satu cabang olahraga terpopuler itu harusnya jadi menjadi alat pemersatu, seperti yang disuarakan ketua PSSI pertama, Soeratin Sosrosoegondo.

Sepak bola lebih dari istilah kebangaan, multikultural, penyatu bahasa, kebahagiaan, air mata, sampai definisi tertulis dari lima indera yang kita miliki. Hal itulah yang dirasakan Ricko Andrean Maulana (22), korban salah sasaran oknum Bobotoh yang harus meninggal dunia.

Ricko merupakan korban dari rivalitas di luar batas antar-suporter. Dia diketahui merupakan Bobotoh sejati yang malah jadi korban dari oknum rekan-rekannya sendiri lantaran disangka The Jakmania. Padahal, banyak yang bilang Ricko mencoba untuk meneguhkan arti sepak bola sesungguhnya dengan melindungi seorang suporter yang dituduh Jakmania.

Kejadian itu berawal saat korban tengah menyaksikan tim kesayangannya, Persib Bandung menghadapi Persija Jakarta, di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7). Kala itu, dia tengah mencari makanan di sekitar stadion.

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …