PD Kebersihan Bandung Targetkan Adipura Lewat TPS Cantik dan Sedekah Sampah

Pekerja membersihkan kolam taman Gedung Sate, Bandung. Perawatan dan penataan kolam dan taman rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kenyawanan bagi yang berkunjung ke kawasan Gedung Sate. FOTO: Ramdhani

Pekerja membersihkan kolam taman Gedung Sate, Bandung. Perawatan dan penataan kolam dan taman rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kenyawanan bagi yang berkunjung ke kawasan Gedung Sate. FOTO: Ramdhani

Di atas semua itu, lanjut Deni, bank sampah ini merupakan salah satu upaya mengedukasi masyarakat untuk memilah dan mengurangi sampah anorganik.


Ia menargetkan pengelolaan sampah anorganik bisa sampai 10 persen dari 1.500 ton jumlah sampah yang dihasilkan warga Kota Bandung.

“Berdasarkan data kami, dalam sehari warga Kota Bandung menghasilkan sampah sebanyak 1.500 ton, dengan 38 persen di antaranya adalah sampah anorganik. Dari jumlah sampah anorganik tersebut baru bisa terkelola sebanyak 3 persennya, karenanya kami menargetkan pengelolaan sampah anorganik bisa sampai 10 persen,” terangnya. ‎

Selain itu, PD Kebersihan juga mengambil keuntungan dari retribusi sampah. Sehingga diharapkan bisa mendongkrak pendapatan PD Kebersihan.

Baca Juga:

Ironis, Belasan Tahun Sampah Bau Busuk Ganggu Belajar Siswa SD Rancaekek 

Sampah Kian Jadi Masalah Serius di Kota Bandung

PD Kebersihan juga mentargetkan kembali meraih penghargaan Adipura untuk yang ke-3 kalinya.

Menurut Deni, untuk bisa meraih penghargaan Adipura ini, Deni mengatakan pihaknya mengupayakan beberapa hal lain. Salah satunya, memberikan bantuan renovasi akses jalan ke TPA Sarimukti.

“Karena kita adalah penyumbang sampah terbesar di antara Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bandung. Makanya kita penyumbang terbesar untuk perbaikan akses jalan menuju ke TPA Sarimukti,” paparnya.

Pihaknya juga melakukan perbaikan di beberapa TPS, sehingga menjadikan TPS itu cantik. Tahun ini ada sekitar 10 TPS yang akan diubah jadi TPS cantik.

Ditargetkan sampai akhir tahun ini ada 26 TPS cantik di Kota Bandung.

“TPS cantik adalah TPS yang temboknya sudah digambari dan dilengkapi pintu. Selain itu ada pemisahan sampah dan ada mesin pengolahan sampah,” terangnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds