Jika Digarap dengan Benar, Zakat, Infaq dan Sedekah Bisa Majukan Kabupaten

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menghadiri peluncuran Forum ZIS Kecamatan Cicurug Sukabumi

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menghadiri peluncuran Forum ZIS Kecamatan Cicurug Sukabumi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menghadiri peluncuran forum zakat, infaq dan sedekah (ZIS) Kecamatan Cicurug Sukabumi, di Alun-alun Masjid Agung Al-Hurriyyah Cicurug Sukabumi, Rabu (26/07/2017).


Keberhasilan Kecamatan Cicurug dalam mengelola ZIS telah menginspirasi desa, kecamatan, hingga kabupaten/kota, lembaga, ormas, serta kelompok, atau instansi lainnya di Jawa Barat.

Beberapa daerah mengirimkan delegasi untuk mempelajari management ZIS di Cicurug.

Wagub Jabar Deddy Mizwar mengatakan zakat, infak, shadaqah merupakan modal sosial masyarakat yang jadi potensi besar bila digerakkan.

Deddy mengatakan, dalam konteks Jabar Masagi, masyarakat merupakan Aktor pembangunan, disamping pemerintah, pengusaha, dan akademisi. Maka penggerakan modal sosial ZIS di kecamatan Cicurug, bisa jadi pilot projects untuk dicontoh.

Baca Juga:

Zakat, Infaq dan Sedekah Jawa Barat Capai Rp 262 Miliar 

Wow… Rumah Zakat Targetkan Himpun Zakat Rp 270 Miliar 

Dari catatan yang ia pegang, potensi ZIS di Cicurug bisa mencapai Rp400 setiap bulannya. Apabila ZIS sudah berkembang hingga tingkat kabupaten, misalkan Kabupaten Sukabumi yang memiliki 47 kecamatan, tentu akan jadi potensi luar biasa.

“Itu baru segi materi, siapa bisa ukur dari segi keberkahan, tidak ada ukurannya,” kata Deddy.

Wacana mengentaskan kemiskinan, memberdayakan masyarakat, bisa dilakukan secara mandiri dari masyarakat untuk masyarakat, tanpa harus bergantung, atau menunggu bantuan lembaga tertentu.

“Ada modal sosial masyarakat yang semestinya kita gerakan. Masyarakat adalah aktor pembangunan yang paling berperan,” kata Deddy Mizwar.

Deddy mengungkapkan, masyarakat Jawa Barat adalah masyarakat yang memiliki semangat gotong royong tinggi.

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …