Daur Ulang Kresek Karya Mahasiswi Seni Kriya ITB Ini Keren

Kantong kresek yang kerap dianggap murah justru bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Kantong kresek yang kerap dianggap murah justru bisa menghasilkan produk berkualitas tinggi.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jika sekilas melihat tas berwarna hitam dan putih yang menggantung di sebuah sudut ruang pamer NuArt Sculpture Park pasti dinilai sebagai tas wanita dengan model kekinian.


Menggunakan kain kulit untuk beberapa sisinya, seolah tak ada yang aneh dengan karya Assyifa Jiniputri.

Namun mendekatlah pada karya mahasiswi Seni Kriya Institut Teknologi Bandung ini. Baca keterangan yang terpajang disamping karyanya, disitu pasti Anda langsung penasaran dan mencoba semakin mendekat bahkan mungkin meraba tas tersebut.

Tas karya Assyifa itu terbuat dari kantong kresek. Ya, tak disangka nyatanya kantong kresek yang kerap dianggap murah justru bisa menghasilkan produk berkualitas dan memiliki daya jual tinggi dengan sentuhan seni tingkat tinggi.

ft A1 (2)

Assyifa menyebut karyanya sebagai re-plastic bag. Kantong kresek berwarna hitam dan putih itu ia rajut dengan apik hingga membuat kantong kresek yang kerap dipakai untuk membawa barang belanjaan itu disulap menjadi tas wanita dengan model elegan.

Berbagai penelitian dan eksplorasi, dilakukan untuk mencari cara-cara alternatif yang mampu menggantikan atau mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya lama yang digunakan dalam industri fesyen.

ft A1 (1)

Hal ini untuk mendukung upaya-upaya pengurangan dampak buruk perepatan industri lewat perubahan konsep dasar desain, yang tidak hanya bersandar para prinsip pemenuhan kebutuhan, tetapi juga lebih mengajarkan nilai keberlangsungan dan pertumbuhan lintas generasi.

“Industri fesyen saat ini sedang mengalami pergeseran. Seiring dengan meningkatnya kesadaran kesalingterkaitan di antara faktor lingkungan global, prinsip-prinsip keberlanjutan, ekologi industri, eco-efisiensi, dan green chemistry yang terintegrasi ke dalam pengembangan bahan, produk, dan proses produksi. Ketiganya merupakan komponen terpenting dalam industri fesyen,” jelasnya.

(peh)

 

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …