Cegah Kolera, Jamaah Haji Indonesia Harus Ekstra Waspada

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com-  RANGKAIAN ibadah haji 2017 dimulai hari ini. Sebagian di antara 221 ribu jamaah haji akan masuk asrama. Mereka jamaah yang tergabung dalam kloter pertama yang bertolak ke Tanah Suci besok.


Cuaca panas Madinah dan Makkah akan menyambut para jamaah. Kementerian Agama berpesan agar jamaah pintar menyimpan tenaga. Selain itu, jamaah harus ekstrawaspada dan menjaga kebersihan terkait dengan merebaknya wabah kolera yang sedang terjadi di negara tetangga Arab Saudi, Yaman.

BACA JUGA:

Ratusan Ketua Rombongan Haji Jabar Diminta Tidak Menakuti Jamaah

Kuota Haji Kab Bandung Tahun 2017 Sebanyak 2.587 Orang

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr Wiendra Waworuntu menyatakan, kolera sebenarnya bisa dicegah. Kuncinya adalah kebersihan.

“Rajin cuci tangan, menutup makanan, atau kebersihan pondokan dijaga merupakan cara-cara yang bisa dilakukan jamaah,” ucapnya.

Selain itu, jamaah harus waspada jika buang air besar lebih dari tiga kali sehari. Apalagi, kotoran yang dikeluarkan cair dan berwarna putih seperti air beras. Jika itu terjadi, jamaah harus segera memeriksakan diri ke tenaga kesehatan. ”Setiap diare harus minum oralit. Jangan lupa juga untuk konsumsi air agar tidak dehidrasi,” ungkap Wiendra.

Loading...

loading...

Feeds